BLANTERVIO103

Mengenal Bagian-Bagian ArcMap + Navigasinya

Mengenal Bagian-Bagian ArcMap + Navigasinya
8/29/2018



Mengenal bagian-bagian ArcMap

Software yang umum admin gunakan disini adalah ArcGis, jadi kebanyakan nanti tutorial yan ada di sini nanti adalah tentang arcgis. Untuk pengenalan, saya akan mengenalkan bagian-bagian ArcMap (salah satu produk dari paker ArcGIS). Pengenalan bagian atau fitur standar arcmap ini sangat penting dilakukan untuk lebih efektif dalam mempelajari ArcMap. Mengenal bagian-bagian ArcMap juga sangat krusial untuk kedepannya karena banyak sekali istilah atau terminologi yang merujuk pada bagian-bagian ArcMap. Bagian-bagian ArcMap yang utama dapat dilihat pada gambar berikut.
Mengenal Bagian-Bagian ArcMap + Navigasinya

Mengenal Bagian-Bagian ArcMap + Navigasinya
Bagian-bagian penting ArcMap

Bagian-bagian penting ArcMap
  1. Menu
  2. Table of contents (TOC)
  3. Data frame, Satu project ArcMap bisa memiliki beberapa Data Frame. Untuk pemetaan umumnya diperlukan dua data frame, yaitu satu frame untuk peta utama dan satu frame untuk peta situasi.
  4. Layer data (akan dibahas pada tutorial berikutnya)
  5. Catalog, memiliki fungsi mirip ArcCatalog, namun dengan kapabilitas lebih terbatas. Kalau di windows sama seperti Explorernya namun di sini fiturnya digunakan untuk mengelolaan data GIS kita.
  6. Data view, Jika satu project memiliki beberapa data frame, maka hanya data frame yang aktif saja yang ditampilkan pada data view. Cara Mengaktifkan data frame yaitu dengan klik kanan fram kita lalu cari Activate.
  7. Koordinat pada lokasi kursor (mouse). Untuk mengubah tampilan koordinatnya, seperti Derajat Menit Second ke UTM, bisa dengan klik kanan pada Data Frame > Properties > Tab General > cari unit, ada 2 yaitu map dan display, silakan teman-teman ubah sesuai keinginan masing-masing.
  8. Toggle untuk ganti dari Data View ke Layout View
  9. Toolbar, kumpulan tool-tool dalam susunan pita untuk menjalankan fungsi tertentu

Navigasi pada ArcMap

Navigasi pada ArcMap berkaitan dengan zoom atau pan sehingga pengguna dapat mengubah cakupan data view sesuai dengan kebutuhan analisis. Melakukan navigasi pada software ArcGIS sangat penting untuk membangun visualisasi dari data spasial dan melakukan fokus dalam analisis. Banyak tool yang bisa digunakan untuk navigasi di ArcMap. Sangat disarankan teman-teman membiasakan diri menggunakan tool-tool navigasi pada ArcMap.

Mengenal Bagian-Bagian ArcMap + Navigasinya
Bagian Toolbar Tool
  1. Zoom in : Setelah tool ini diaktifkan, buat kotak di data frame pada area yang ingin di-zoom. Semakin kecil kotak yang dibuat semakin besar zoom in.
  2. Zoom out : Setelah tool ini diaktifkan, buat kotak di data frame pada area yang ingin di-zoom. Semakin kecil kotak yang dibuat semakin besar zoom out.
  3. Pan : Menggeser data frame dengan cara drag-and-drop
  4. Full extent : Zoom ke semua data yang ada atau sesuai pengaturan. Tutorial berikutnya.
  5. Fixed zoom in : Zoom in ke titik tengah data frame dengan besaran zoom 125% dari zoom semula
  6. Fixed zoom out : Zoom out ke titik tengah data frame dengan besaran zoom 80% dari zoom semula
  7. Go to previous extent : Extent ke sebelumnya
  8. Go to next extent : Extent ke berikutnya. Hanya berfungsi jika telah pernah melakukan Go back to previous extent
Itulah bagian-bagian arcmap yang paling dasar, meskipun sepele tapi kebanyakan nanti teman-teman akan mengunakan fitur-fitur ini, jadi silakan di biasakan ya… mohon maaf kalau di dalam tutorial saya benyak kata yang kurang karena juga masih baru belajar menulis. Silakan gunakan kotak komentar kalau teman-teman ada yang ingin di tanyakan. Berikutnya saya akan sharing tentang extent yang ada di menu navigasi di atas dengan pengaturan dan penjelasanya. Terima Kasih.


Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh). Khususnya membahas seputar tutorial, tips bermanfaat, download data spasial (Shapefile/Raster).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774