BLANTERVIO103

Shapefile Desa Indonesia Terbaru

Shapefile Desa Indonesia Terbaru
6/04/2020
Shapefile Desa Indonesia

Shapefile Batas Wilayah Desa Kelurahan Terbaru

Shapefile (SHP) Desa/Kelurahan indonesia terbaru merupakan seamless data batas desa (kelurahan) seluruh Indonesia yang dikompilasi dari berbagai sumber data yang sudah dilakukan penyelarasan sehingga data SHP desa yang akan teman-teman dapatkan nanti sangat lengkap dan terbaru

Shapefile Desa ini mempunyai skala 1:10.000 yang dirilis oleh  Badan Informasi Geospasial. Didalam Data SHP ini nantinya teman-teman mendapatkan properti unsu (himpunan attribut) yang berisi:
  1. Nama Objek (NAMOBJ)
  2. Kode BPS Provinsi (KDPBPS)
  3. Kode BPS Kabupaten/Kota (KDBBPS)
  4. Kode BPS Kecamatan (KDCBPS)
  5. Kode PUM Provinsi (KDPPUM)
  6. Kode PUM Kabupaten/Kota (KDPKAB)
  7. Kode PUM Kecamatan (KDCPUM)
  8. Feature Code (FCODE)
  9. Luas Wilayah Menurut Peraturan (LUASWH)
  10. Referensi Peraturan (UUP)
  11. Spatial Reference System Identifier (SRS ID)
  12. Nama wilayah administrasi Kelurahan atau Desa (WADMKD)
  13. Nama wilayah induk administrasi Kelurahan atau Desa (WIADKD)
  14. Nama wilayah administrasi Kecamatan (WADMKC)
  15. Nama wilayah induk administrasi Kecamatan (WIADKC)
  16. Nama wilayah administrasi Kebupaten/ Kota (WADMKK)
  17. Nama wilayah induk administrasi Kebupaten/ Kota (WIADKK)
  18. Nama wilayah administrasi Propinsi (WADMPR)
  19. Tipe Administrasi (TIPADM)
  20. Metadata

Data SHP Batas Wilayah Desa Kelurahan - Update 2022 (38 Provinsi)

Data Shapefile batas desa/kelurahan ini merupakan hasil kegiatan ajudikasi Batas Desa tahun 2013 - 2015, Delineasi (penggambaran) Batas Wilayah Administrasi desa secara kartometrik tahun 2016 - 2017, Delineasi batas wilayah administrasi desa secara kartometrik tanpa kesepakatan (seperti saling klaim dan lain-lain) tahun 2018 - 2019.

Sinkronisasi data batas desa atau kelurahan ini merupakan hasil penetapan Pemerintah Daerah mengacu pada standar nasional Katalog Unsur Geografi Indonesia (KUGI) tahun 2019 sedangkan delineasi batas wilayah administrasi desa melalui kegiatan perjanjian Kerja Sama antara Badan informasi geospasial (BIG) dengan Pemerintah Daerah baik melalui PKS maupun PNBP, data batas wilayah administrasi desa/kelurahan dari Pemerintah Daerah, dan data batas wilayah administrasi desa dari Peta Rupa Bumi Indonesia (RBI).

Beberapa catatan tambahan dalam data batas wilayah administrasi desa/kelurahan edisi terbaru ini diantaranya adalah:
  1. Masih terdapat area tidak terdefinisi untuk kawasan hutan, Taman Nasional, Cagar Alam, Danau, Waduk, dan Pulau/Kepulauan;
  2. Masih terdapat beberapa desa/kelurahan yang tidak ada dalam data spasial karena merupakan hasil pemekaran atau masih baru, rekapan daftar desa yang belum ada dalam database ini terlampir dalam tabel rekapitulasi indeks desa berdasarkan Permendagri No. 72 Tahun 2019 tentang Kode Data dan Wilayah Administrasi Pemerintahan;
  3. Belum dilakukan penyesuaian terhadap data batas kabupaten/kota definitif, sehingga terdapat perbedaan pada segmen batas desa/kelurahan yang menjadi batas Kabupaten/Kota/Provinsi

PREVIEW DATA
Shapefile Desa Indonesia

Shapefile Desa Indonesia

Shapefile Desa Indonesia

Shapefile Desa Indonesia

Shapefile Desa Indonesia

Shapefile Desa Indonesia Terbaru - Update 2022 (38 Provinsi)
Via Google Drive [489 MB]

NOTE (WAJIB DIBACA):
Free... But Not Free! Bingungkan? Bagi teman-teman yang ingin mendapatkan password data shapefile (SHP) di website ini, cukup dengan melakukan point di bawah ini.

1. Bantu Like Fanspage dan Follow Instagram kami;
2. Bantu beri ulasan jasa kami di Google Bisnis;
3. Bantu dukung channel tutorial kami di Youtube.

Jika point diatas sudah dilakukan, silahkan kirim bukti screenshoot melalui Contact Form/Whatsapp. Kami akan berikan passwordnya GRATIS alias free, tidak hanya password di artikel ini saja tapi seluruh password SHP gratis di website Lapak GIS (Bundel password SHP gratis).

Terlalu ribet ya untuk mendapatkan data shp di Lapak GIS? alasannya supaya semakin banyak orang yang tahu akan keberadaan webiste ini dan bagi admin meluangkan waktu untuk share artikel juga tidak memerlukan waktu yang banyak dibanding harus membuat sebuah artikel, menyiapkan data dan segala macamnya...hehehe. Jadi keep spirit ya, tidak ada yang didapat secara instan.

Baca Juga:
1. Shapefile Batas Wilayah Darat Indonesia Lengkap
2. Kumpulan data shapefile gratis seluruh indonesia

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Shapefile Desa Indonesia Terbaru. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.
Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774