BLANTERVIO103

Shapefile Gratis Provinsi D.I. Yogyakarta Indonesia

Shapefile Gratis Provinsi D.I. Yogyakarta Indonesia
7/15/2019


Shapefile Gratis Provinsi D.I. Yogyakarta Indonesia - via Google Drive

Shapefile Gratis Provinsi D.I. Yogyakarta Indonesia
Seperti yang mimin infokan pada artikel sebelumnya, bawah Lapak GIS akan melakukan project besar diwebsite ini yaitu mengumpulkan dan membackup Shapefile Gratis Peta Rupa Bumi Indonesia (per kabupaten/kota) sumber data BIG ke dalam Google Drive.

Sehingga teman-teman tidak perlu lagi melakukan registrasi dan segalam macam syaratnya. Sekaligus juga sebagai backup jika sewaktu-waktu server dari BIS lagi down. Jadi project ini bisa bermanfaat buat teman-teman Lapak GIS.

Artikel sebelumnya mimin sudah berbagi shapefile (SHP) Provinsi Kepulauan Riau via Google Drive. Jadi untuk teman-teman yang ingin request shapefile gratis untuk wilayah lain, silahkan gunakan kotak komentar dengan bijak ya. Mungkin dalam beberapa hari kemudian akan rilis sesuai permintaan teman-teman.

Ulasan terkait Provinsi Yogyakarta Indonesia

D.I. Yogyakarta adalah salah satu dari 34 di wilayah Indonesia danterletak di pulau Jawa bagian tengah. D.I. Yogyakarta di bagian selatan dibatasi Lautan Indonesia, sedangkan di bagian timur laut, tenggara, barat, dan barat laut dibatasi oleh wilayah Jawa Tengah

Berdasarkan satuan fisiografis, D.I. Yogyakarta terdiri dari Pegunungan Selatan dan Gunung berapi Merapi. Dataran rendah antara Pegunungan Selatan dan Pegunungan Kulonprogo.

Posisi D.I. Yogyakarta yang terletak antara 7°.33’- 8°.12’ Lintang Selatan dan 110°.00’ - 110°.50’ Bujur Timur, tercatat memiliki luas 3.185,80 km².

Jenis Tanah D.I. Yogyakarta, 33,05 persen merupakan jenis tanah Lithosol, 27,09 persen Regosol, 12,38 persen Lathosol, 10,97 persen Grumusol, 10,84 persen Mediteran, 3,19 persen Alluvial, dan 2,48 persen adalah tanah jenis Rensina.

Shapefile (SHP) Provinsi Yogyakarta Indonesia Terbaru

Shapefile Gratis Provinsi D.I. Yogyakarta Indonesia

Perlu diketahui shapefile gratis Rupa Bumi Indonesia ini berskala 1:50.000 dengan sumber datanya dari BIG. Jenis data atau kategori RBI yang tersedia yaitu:
  1. Batas administrasi
  2. Geologi
  3. Hidrografi (sungai, danau, kolam, bendungan, empang, rawa, waduk, dll)
  4. Hipsografi (kontur atau topografi)
  5. Lingkungan terbangun (bangunan, pemukiman, arena olahraga, pemerintahan, niaga, dll)
  6. Tanah (pasir)
  7. Toponimi (asal-usul penamaan nama tempat)
  8. Transportasi (jaringan jalan, jembatan, rel kereta api, dll)
  9. Utilitas
  10. Vegetasi/Tutupan Lahan.
Berikut daftar shapefile Kabupaten dan Kota Provinsi DIY Yogyakarta:
  1. Kabupaten Kulon Progo (Wates) - klik disini
  2. Kabupaten Bantul (Bantul) - klik disini
  3. Kabupaten Gunungkidul (Wonosari) - klik disini
  4. Kabupaten Sleman (Sleman) - klik disini
  5. Kota Yogyakarta - klik disini

Jika berminat untuk mendapatkan data format shapefile gratis Provinsi lain, silahkan teman-teman request melalui kotak komentar. Akan dimasukkan kedalam daftar publish.

Penutup

Baiklah itulah sharing kali ini tentang Shapefile Gratis Provinsi DIY Yogyakarta Indonesia. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh). Khususnya membahas seputar tutorial, tips bermanfaat, download data spasial (Shapefile/Raster).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774