BLANTERVIO103

Download SHP Shapefile Jalan Detail, Landuse dll Se-Indonesia

Download SHP Shapefile Jalan Detail, Landuse dll Se-Indonesia
3/08/2019

Paket SHP Shapefile Jalan Detail, Landuse, Fasilitas Umum, Nama Bangunan dll Se-Indonesia

Pada kesempatan ini admin lapakgis.com akan berbagi cara atau tips yang sangat bermamfaat bagi para PEMBURU data spasial khususnya SHP atau shapefile untuk di download/unduh setelah sebelumnya kita membahas Cara Mengetahui Koordinat Zona Lokasi UTM Kita - Indonesia. Shapefile merupakan format data untuk menyimpan data spasial nontopologis berbasis vektor dan juga untuk menyimpan data peta digital pada sistem informasi geografis.

Sebenarnya  untuk mendapatkan SHP Shapefile Jalan Detail, Landuse, Fasilitas Umum, Nama Bangunan dll Se-Indonesia sudah disediakan melalui website resmi pemerintah Indonesia Geospatial Portal. Namun situs tersebut sering mengalami kerusakan, down, atau lebih parahnya not found/tidak ditemukan, sehingga lapakgis akan memberikan portal/situs untuk Download SHP Shapefile Jalan Detail, Landuse dll Se-Indonesia.

Alternatif rekomendasi dari lapakgis.com adalah extract.bbbike.org. Ekstrak BBBike memungkinkan kita untuk mengekstrak area dari Planet.osm dalam OSM, PBF, o5m, Garmin, Navit, Osmand, mapsforge CSV, SVG, maps.me, libosmium OPL, GeoJSON, SQLite, teks, atau Esri shapefileformat. dan yang paling admin suka adalah data atau databasenya dari data planet.osm diperbarui setiap minggu. Update sekali.

Ukuran area maksimum adalah hingga ukuran file 128MB. Diperlukan antara 2-7 menit untuk mengekstraksi suatu area. Email diperlukan untuk dapat mendownload data ini, kita akan diberitahu melalui email jika ekstrak siap untuk didownload. Berikut caranya:

1. Kunjungi terlebih dahulu extract.bbbike.org, lalu pindahkan peta ke lokasi yang anda inginkan.
2. Kemudian klik tombol here / di sini untuk membuat kotak pembatas

SHP Shapefile Jalan Detail, Landuse, Fasilitas Umum, Nama Bangunan dll Se-Indonesia

SHP Shapefile Jalan Detail, Landuse, Fasilitas Umum, Nama Bangunan dll Se-Indonesia

3. Pindahkan atau ubah ukuran kotak pembatas dengan klik resize or drag polygon, atau menambahkan poin baru ke poligon dengan menggunakan tombol add points to polygon (sebelumnya klik dulu area didalam map). 


4. Pilih Format , masukkan alamat email dan nama area untuk diekstraksi.
5. Klik tombol ekstrak . Tunggu notifikasi email dan unduh peta. Selesai!

BACA JUGA:

Fitur spesial

  • mendukung Protocolbuffer Binary Format (PBF) Format
  • mendukung OSM XML
  • mendukung format data .o5m 
  • mendukung format Garmin, dengan gaya untuk OSM , peta siklus , waktu luang (freizeitkarte), OpenFietsMap, OpenSeaMap, OpenTopoMap, dan BBBike.
  • mendukung format Esri shapefile
  • mendukung format Scalable Vector Graphics (SVG)
  • mendukung format Osmand (OBF) untuk Android
  • mendukung format mapsforge (map) untuk Android
  • mendukung format maps.me (omim) untuk Android dan iOS
  • mendukung format Navit untuk Linux, Windows, Android, OpenMoko Freerunner, Wince, Nokia n800 Internet tables, iPhone, Zaurus
  • mendukung libosmium OPL, GeoJSON, SQLite, format teks
  • mendukung format BBBike bbd untuk aplikasi Perl/Tk
  • data planet.osm diperbarui setiap minggu
Sekian artikel dari lapakgis.com tentang Download SHP Shapefile Jalan Detail, Landuse dll Se-Indonesia. dari lapakgis.com trims.
Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774