BLANTERVIO103

DEM Nasional 0.27 ArcSecond (8.1 meter) Wilayah Pekanbaru

DEM Nasional 0.27 ArcSecond (8.1 meter) Wilayah Pekanbaru
9/13/2018


DEM Nasional - Pekanbaru Resolusi 0.27 ArcSecond (8.1 m

Sekarang untuk wilayah Indonesia sudah bisa di peroleh Digital Elevation Model (DEM) yang khusus mengelola data DEM Indonesia yaitu DEMNAS atau Digital Elevation Model Nasional. DEM Nasional ini dibangun dari beberapa sumber data meliputi data IFSAR (resolusi 5m), TERRASAR-X (resolusi 5m) dan ALOS PALSAR (resolusi 11.25m), dengan menambahkan data Masspoint hasil stereo-plotting.

DEM Nasional 0.27 ArcSecond (8.1 meter) Wilayah Pekanbaru
DEM Nasional 0.27 ArcSecond (8.1 meter) Wilayah Pekanbaru

Resolusi spasial DEMNAS adalah 0.27-arcsecond atau setara dengan 8.1 meter, dengan menggunakan datum vertikal EGM2008. Pengertian atau maksud dari arcsecond adalah satuan jarak dalam resolusi data raster, artinya dalam  1 cell pixel itu berapa jarak dari sisi ke sisinya, seperti contoh di bawah ini:

DEM Nasional 0.27 ArcSecond (8.1 meter) Wilayah Pekanbaru
Ilustrasi Arcsecond

Sejauh yang admin lapakgis tahu sampai saat ini belum ada yang menyediakan secara free atau gratis data DEM dengan tingkat resolusi di bawah 1-arcsecond atau 30 meter, yang biasanya bisa didapatkan di USGS (Layanan Citra milik Pemerintah US) walaupun sebenarnya masih banyak portal-portal lain untuk mendapatkan data DEM.

Berbeda dengan USGS, untuk wilayah Indonesia sekarang data DEM dikelola secara khusus oleh DEMNAS, sehingga bisa lebih fokus terhadap layanan citra nasional saja. Admin paling sengan dengan tingkat resolusi yang ditawarkan DEMNAS secara gratis yaitu 0.27 arcsecond (8.1 meter). 

LapakGIS sendiri nanti secara bertahap akan membagikan atau membackup data DEMNAS tersebut perwilayah administrasi (diolah) sehingga teman-teman nanti tinggal mengunduh DEM tersebut sesuai dengan wilayah atau orientasi yang dibutuhkan saja.

Untuk tahap awal ini admin akan membagikan DEM Nasional 0.27 arcsecond (8.1 meter) di wilayah admin sendiri yaitu Pekanbaru – RIAU. Berikut hasil olahan yang bisa teman dapatkan untuk DEM Pekanbaru 0.27 arcsecond / 8.1 meter.


Dapat dilihat dari gambar diatas bahwa DEM 0.27 arcsecond (8.1 meter) yang admin bagikan sudah diolah sesuai dengan administrasi Pekanbaru Provinsi Riau, silakan teman-teman dapatkan DEM tersebut di SINI. Teman-teman yang ingin request DEM nasional untuk daerah yang dinginkan silakan request melalui kotak komentar atau formulir kontak yang sudah disediakan (FreeGratis).

Terimas kasih kepada teman-teman yang sudah membaca postingan ini sampai terakhir, semoga yang admin sharing bisa bermamfaat untuk teman-teman semua. Jangan lupa untuk terus dukung lapakGIS supaya bisa terus berkarya, meskipun sederhana setidaknya mencoba untuk lebih bergunan dan berbagi ilmu yang bermanfaat.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh). Khususnya membahas seputar tutorial, tips bermanfaat, download data spasial (Shapefile/Raster).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774