BLANTERVIO103

Kumpulan Tools Gratis Terbaik untuk Membuat WebGIS

Kumpulan Tools Gratis Terbaik untuk Membuat WebGIS
6/03/2019


Kumpulan Software Gratis Terbaik untuk Membuat WebGIS.

Dalam beberapa tahun terakhir, kedatangan WebGIS atau kalau diindonesiakan menjadi pemetaan Web dapat dianggap sebagai tren baru utama dalam dunia kartografi. WebGIS atau Pemetaan Web telah menjadi hal yang umum di dalam organisasi dan penggunaannya terus berkembang. Biasanya organisasi menggunakan alat WebGIS atau Pemetaan Web untuk meningkatkan akses ke informasi geografis di seluruh perusahaan atau untuk pekerjaan proyek tertentu.
Kumpulan Tools Gratis Terbaik untuk Membuat WebGIS

Jika teman-teman ingin memulai dengan pemetaan web, ada banyak alat sumber terbuka yang lebih sesuai dengan kebutuhan spesifik, apakah kebutuhan tersebut menampilkan sesuatu yang sangat mendasar dengan overhead yang minimal, atau aplikasi yang kompleks dengan banyak komponen dan integrasi yang beragam. 

Berikut Kumpulan Software Gratis Terbaik untuk Membuat WebGIS yang telah LapakGIS rangkum.

1. Leaflet



Leaflet dalam beberapa tahun terakhir menjadi salah satu opsi paling populer untuk membuat peta JavaScript interaktif. Pustaka dasarnya cukup kecil, menjadikan Leaflet pilihan yang bagus untuk aplikasi seluler. Leaflet juga memiliki banyak plugin yang tersedia sehingga dapat menambahkan fungsionalitas apa saja yang tersedia dengan pustaka pemetaan. 

Leaflet juga memiliki proyek dokumentasi yang banyak, menjadikannya pilihan yang baik untuk pemula dan ada sejumlah contoh kontribusi komunitas di luar sana untuk saat kita bingung dalam pembuatannya, serta banyak contoh yang tersedia. Kode sumber Leaflet tersedia di GitHub dan dilisensikan di bawah lisensi BSD.

2. OpenLayers

Kumpulan Software Gratis Terbaik untuk Membuat WebGIS

OpenLayers adalah perpustakaan UI front-end untuk membuat aplikasi spasial berbasis web menggunakan javascript. Ini mendukung berbagai sumber layer dan backend. Misalnya, potongan peta dapat ditarik dari GoogleMaps atau dari sumber khusus.

Dua daftar diatas adalah yang paling banyak digunakan dalam hal pembuatan webgis, maka dari itu daftar dibawah ini merupakan alternatif sehingga dalam penjelasannya tidak akan admin jelaskan secara detail, hanya cukup sekedar menambah wawasan saja.

3. OpenScales
4. Mapael
5. Polymaps
6. Turf JS
7. Modest Maps
8. D3.js
9. Cesium
10. Geojsp

Itukah artikel lapakgis kali ini tentang Kumpulan Tools Gratis Terbaik untuk Membuat WebGIS semoga bermanfaat. Jika ada saran, tanggapan, atau pertanyaan bahkan request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosmed LapakGIS. Terimas Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh). Khususnya membahas seputar tutorial, tips bermanfaat, download data spasial (Shapefile/Raster).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774