BLANTERVIO103

Cara Eksport SHP ke AutoCAD beserta Label dengan ArcGIS

Cara Eksport SHP ke AutoCAD beserta Label dengan ArcGIS
3/28/2021

Cara mengeksport Shapefile (SHP) ke format AutoCAD beserta dengan Label. Exporting SHP with labels from ArcGIS to AutoCAD.

Cara mengekspor SHP ke AutoCAD beserta Label

Halo teman-teman Lapak GIS, semoga kita selalu dalam keadaan sehat selalu ya...amin. Karena sehat adalah rezeki yang tidak ternilai dan dengan sehat juga kita bisa mencari sumber rezeki lainnya. Baiklah seperti biasa setiap akhir pekan mimin akan sharing tutorial terkait dengan GIS dan Remote sensing. Mudah-mudah mimin selalu tetap konsisten. Topik kita kali ini adalah bagaimana cara mengeksport data shapefile (SHP) ke AutoCAD namun dengan labelnya sekaligus (Exporting Shapefile with labels from ArcGIS to AutoCAD). Karena kebanyakan kasus yang terjadi ketika kita mengkonversi SHP ke AutoCAD maka yang di konversi hanya fiturnya saja dan labelnya tidak ikut terbawa. Maka dari itu mimin akan memberikan sedikit tips dan triknya.

Sedikit penekanan dalam tutorial ini adalah kita harus bekerja dalam lingkungan geodatabase. Jika teman-teman masih belum tahu cara membuat File Geodatabase pada ArcGIS bisa mengikuti artikel yang sudah mimin buat tentang Desain, Tipe dan Tahap membuat Geodatabase pada Arcgis

Pada kasus ini mimin akan mencontohkan data SHP berupa data Kontur yang nantinya akan kita eksport ke format AutoCAD beserta labelnya. Langsung saja tanpa basa-basi, berikut langkahnya beserta video untuk melengkapi tutorial ini.

  1. Sediakan data kontur yang sudah dalam bentuk SHP dan filenya berada dalam File Geodatabase. Jika belum tahu cara membuat data kontur bisa melihat tutorial Analisis Topografi #2 - Membuat Kontur (Isoline). untuk menghindari kesalahan, usahakan sistem koordinatnya dalam meter (UTM)
  2. Lalu klik kanan layer kontur > Data > Export to CAD. Sampai tahap ini data SHP kita sudah dalam format cad yang bisa di buka di autocad, namun belum ada label.
  3. Langkah selanjutnya adalah kita konversi labelnya. Namun sebelum itu silahkan di munculkan/ditampilkan dulu labelnya. caranya klik kanan layer kontur > properties... > labels > pada label field pilih field yang akan di tempilkan > OK.
  4. Setelah label konturnya muncul langkah selanjutnya klik kanan layer kontur lalu pilih "Convert Labels to Annotation". Biarkan settingan default saja lalu langsung Convert. 
  5. Kita cari hasil konversi dari point no. 4 di atas, dan letaknya ada pada file geodatabase (ingat kita selalu bekerja pada lingkungan geodatabase). Setelah ditemukan filenya konversinya, klik kanan filenya lalu pilih export > to CAD...> tentukan folder outputnya > OK. Hasilnya label kita sudah dalam format CAD.
  6. Langkah selanjutnya kita tinggal sinkronisasi label dan konturnya dengan cara Copy Paste by Orginal Coordinate pada AutoCADnya.
  7. Done.
Cara mengekspor SHP ke AutoCAD beserta Label

Cara mengekspor SHP ke AutoCAD beserta Label









Untuk melengkapi penjelasan di atas, maka mimin sudah siapkan video tutorialnya agar lebih mudah dipahami. Jangan lupa untuk terus dukung Lapak GIS agar kami selalu ada untuk teman-teman semuanya.

Video Tutorial
 

Baca Juga:
 
Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Cara mengekspor Shapefile (SHP) ke format AutoCAD beserta label. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774