BLANTERVIO103

Cara Mendapatkan Koordinat Sudut Polygon-Line pada ArcGIS

Cara Mendapatkan Koordinat Sudut Polygon-Line pada ArcGIS
3/06/2021

Cara Mendapatkan Koordinat Sudut Polygon-Line dalam Jumlah Banyak Secara Cepat

Cara Mendapatkan Koordinat Sudut Polygon-Line pada ArcGIS

Salam sejahtera buat teman-teman Lapak GIS, semoga masih dalam keadaan sehat selalu sehingga setia dalam membaca setiap artikel yang mimin share. Pada kesempatan ini kita akan kembali sharing tutorial GIS terkait penggunaannya dalam tata batas area. Pada kasus tertentu kita pasti membutuh koordinat dari suatu area dalam rangka sebagai titip patok sehingga jelas jika ingin dinarasikan dalam bentuk dokumen.

Fitur yang akan kita gunakan dalam mendapatkan Koordinat Sudut Polygon dalam Jumlah Banyak Secara Cepat adalah Feature vertices to points bisa juga construct points namun ada sedikit perbedaan yang akan mimin jelaskan setelah ini dan tools untuk mendapatkan koordinatnya yaitu add Add XY Coordinates. Untuk artikel ini mimin lebih menekankan pada tools Feature vertices to points karena pada dasarnya disini konsepnya.

Tool feature vertices to points digunakan untuk mengonversi vertices dari fitur polyline atau polygon menjadi point. Kategori vertices yang dikonversi menjadi point adalah start, vertices, persimpangan, dan sebagainya seperti dapat dilihat pada ilustrasi berikut.

tool Feature vertices to points

Gambar Ilustrasi tool Feature vertices to points


Dengan contoh kasus, membuat sebuah trayek pengukuran dari fitur line, feature vertices to points juga dapat digunakan sebagai berikut:

  1. Input polygon / line yang ingin kita dapatkan titik koordinatnya.
  2. Tentukan folder dan file output
  3. Tipe point. Jika semua vertices ingin diubah menjadi point, maka pilihlah ALL
  4. Klik OK untuk menjalankan tool

Menjalankan tool feature vertices to point

Gambar Menjalankan tool feature vertices to point

Membuat point sepanjang line untuk pembuatan trayek ukur dengan menggunakan tool Construct Points dan Feature Vertices to Points memiliki perrbedaan seperti pada gambar dibawah. Tool construct points menggunakan Jarak atau jumlah point yang ingin dihasilkan sehingga vertices tidak ikut dikonversi menjadi point. Sedangkan feature vertices to points hanya mengonversi vertices (sudut) sehingga jarak antar titik yang dihasilkan tidak seragam. Tool mana yang cocok untuk menyelesaikan tugas GIS silakan disesuaikan.

Konversi line ke point dengan (a) construct points, dan (b) feature vertices to points

Gambar untuk Konversi line ke point dengan (a) construct points, dan (b) feature vertices to points

Masih diperlukan pengolahan data lanjutan untuk mendapatkan trayek ukur, yaitu perhitungan posisi koordinat setiap titik yaitu dengan menggunakan tools Add XY Coordinates yang ada dalam ArcToolbox, langkah-langkahnya tidak mimin jelaskan dalam artikel ini karena tidak terlalu ribet sehingga akan mimin tampilkan saja dalam video tutorial dibawah ini.


VIDEO TUTORIAL


Untuk penghitungan jarak dan azimuth dari setiap segmen yang dapat dilakukan dengan menggunakan software spreadsheet yang mana sudah mimin ulas dalam artikel berikut Perhitungan Sudut dan Jarak Antar 2 Titik Koordinat Format Excel.

Baca Juga:

1. Daftar kumpulan data shapefile (SHP) berbagai tema.
2. Peta Cetak Digital Indonesia Berbagai Tema

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Cara Mendapatkan Koordinat Sudut Polygon pada ArcGIS. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.


Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774