BLANTERVIO103

Cara membuat peta sampai layouting dengan Google Earth

Cara membuat peta sampai layouting dengan Google Earth
5/02/2021

Cara membuat peta sampai layouting dengan Google Earth

Siapa yang tidak tahu dengan software ini yaitu merupakan layanan besutan google yang sudah sangat lama namun sangat bisa di andalkan terutama untuk orang awam seperti mimin. Pada kesempatan kali ini kita akan berbagi cara membuat peta sampai dengan proses layouting hanya dengan menggunakan Google Earth. Bagi yang sudah expert dalam hal survei dan pemetaan tentu menggunakan software ekslusif seperti ArcGIS, QGIS, AutoCAD map,dll sudah sangat biasa melakukan proses pembuatan peta, namun bagi yang hanya sekedar membuat peta sederhana dan waktu yang cepat untuk keperluan laporan, bisa menggunakan google earth sebagai alternatifnya. Selain karena resourcenya yang kecil (spesifikasi hardware low) juga memiliki tampilan yang user friendly sehingga mudah digunakan.

Seperti yang sudah di jelaskan, google earth meskipun mudah dalam penggunaannya namun dari segi fitur sudah lebih dari cukup untuk kepeluan pembuatan peta, seperti dukungan (support) data yang sangat banyak bahkan bisa input data Shapefile (SHP), simbologi, input data excel, layouting peta, mengukur jarak-luas dan banyak lagi fitur lainnya. Namun Fokus mimin pada tutorial ini adalah sebagai berikut.

  1. Input Data Shapefile (SHP) pada google earth
  2. Membuat simbologi peta berdasarkan kategori data
  3. Pengaturan style dan management data untuk layouting
  4. Melakukan layouting peta
  5. Eksport peta

Pada tutorial ini hal yang perlu mimin tekankan adalah input data yang digunakan berupa Shapefile dan fitur untuk masing-masing kategori disarankan satu fitur. Tujuan satu fitur untuk satu kategori supaya ketika melakukan simbologi nantinya, warna yang dihasilkan tidak banyak sekali, karena simbologi warna pada google earth dibuat berdasarkan jumlah fitur dan kategori. Contoh, meskipun kategori nya sama namun memiliki fitur data yang beda maka hasilnya nanti akan menghasilkan warna yang berbeda sehingga akan memperbanyak legenda pada proses layouting nantinya.

Dari percobaan yang sudah mimin lakukan juga, urutan penyusunan legenda pada saat layout adalah berdasarkan urutan abjad, tidak bisa kita down and up untuk legendanya, jadi untuk mengakalinya bisa dengan melakukan rename sehingga urutannya sesuai dengan yang kita inginkan. 

Membuat peta dengan google earth ini mimin tujukan bagi teman-teman yang ingin waktu cepat dan simpel dalam proses dengan tujuan kesederhanaan namun tetap memperhatikan unsur peta yang baik. Biasanya hal-hal seperti ini sering digunakan dalam pembuatan laporan atau pekerjaan penunjang seperti lokasi kegiatan, lokasi sampling, dan lain sebagainya.

Cara membuat peta sampai layouting dengan Google Earth


Berikut hasil jadi peta yang mimin buat menggunakan Google Earth dan untuk langkah pembuatannya bisa teman-teman lihat pada video tutorial pada channel youtube Lapak GIS. Jangan lupa untuk terus dukung kami agar selalu memberikan tutorial GIS dan Remote Sensing yang menarik lainnya.

Video Tutorial

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang cara membuat peta sampai dengan proses layouting hanya dengan menggunakan Google Earth. Input data Shapefile - simbologi data - layouting peta pada google earth. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.


Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774