BLANTERVIO103

Cara Export Banyak MXD ArcGIS Sekaligus (Multiple Export)

Cara Export Banyak MXD ArcGIS Sekaligus (Multiple Export)
6/27/2021

Mengekspor sekaligus beberapa dokumen peta (mxd) ke PDF, PNG dan JPG - Multiple Export MXD

Cara Export Banyak MXD ArcGIS Sekaligus (Multiple Export)


Dalam mengerjakan suatu project atau tugas GIS menggunakan ArcGIS (Arcmap) dengan banyak file MXD tentunya akan memakan waktu lama jika harus mengexportnya satu per satu ke format JPG, PNG atau PDF. Dengan menggunakan script phyton yang sudah dibungkus dalam sebuah toolbox akan sangat memudahkan teman-teman untuk melakukan Export MXD secara praktis sehingga bisa mengemat waktu dan tenaga kita dalam pekerjaan.

Dengan menggunakan script phyton (toolbox) di bawah ini, maka tanpa perlu sibuk membuka masing-masing mxd, file akan terexport secara otomatis sekaligus. Berikut contoh preview tampilan toolboxnya.

Cara Export Banyak MXD ArcGIS Sekaligus (Multiple Export)

Script phyton (toolbox) Ini adalah alat sederhana untuk mengekspor beberapa dokumen peta (mxd) ke PDF, PNG dan JPG dalam jumlah banyak sekaligus. Dokumen masukan peta (mxd) dapat ditambahkan dari lebih dari satu lokasi ke satu lokasi. Teman-teman dapat menentukan resolusi (DPI) untuk setiap format. Namun, harap diingat bahwa DPI bekerja secara berbeda untuk setiap format. Jadi, kita perlu menyesuaikannya. ArcPy adalah satu-satunya perpustakaan yang digunakan untuk skrip ini. Script dapat dilihat atau dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan teman-teman. Ini dapat dilakukan dari ArcCatalog. Pada update terakhir sudah ada fitur menambahkan opsi untuk menggabungkan beberapa dokumen PDF menjadi satu.

Untuk menjalankannya sangat simpel sekali. Pastikan mxd nya sudah final dan siap untuk diexport ke PDF, PNG dan JPG.

  1. Buka aplikasi ArcMap atau juga bisa melalui ArcCatalog
  2. Buka jendela Arctoolbox untuk melakukan Add Toolbox > cari lokasi tools exporter yang sudah di unduh. 
  3. Setelah toolbox ditambahkan silahkan dibuka maka akan muncul jendela script baru.
  4. Silahkan masukkan MXD yang akan di export (bisa lebih dari satu)
  5. Tentukan folder outputnya
  6. Resolusi (dpi)
  7. Format export seperti PDF, PNG dan JPG - bisa juga PDF yang langsung dicombine (gabungan)
  8. Terakhir OK, maka tools akan melakukan proses export dan lihat hasilnya.

VIDEO TUTORIAL
 

Download

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Export Banyak MXD ArcGIS Sekaligus - Multiple Export. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.


Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774