BLANTERVIO103

Membuat Polyline Radius Lingkaran pada ArcGIS

Membuat Polyline Radius Lingkaran pada ArcGIS
6/15/2021

Membuat jari-jari dari polygon lingkaran pada ArcGIS.

Membuat Polyline Radius Lingkaran pada ArcGIS

Cara paling sederhana untuk membuat atau mengetahui jari-jari (radius) suatu lingkaran adalah dengan membuat fitur point kemudian menjalankan Geoprocessing buffer yang sebelumnya kita sudah tentukan jari-jari (radius) yang diinginkan dalam satuan jarak, misalnya meter atau dengan cara manual dengan menarik garis.

Namun jika kasusnya kita balik. Kita sudah membuat atau memiliki polygon lingkaran dan diharuskan untuk membuat polyline radius lingkaran tersebut. Jika hanya satu lingkaran tentu tidak akan menjadi masalah berat. Yang menjadi masalah yaitu apabila memiliki ratusan atau ribuan polygon lingkaran, maka akan menghabiskan waktu lama jika dilakukan secara manual satu-persatu.

Untuk menyelesaikan masalah tersebut sangat mudah. pertama mari kita kembali ke pelajaran SD dulu yang mana harus dipahami terlebih dahulu adalah rumus luas lingkaran.

Luas lingkaran = π × r²

Tanpa panjang lebar berikut tahapan kita untuk Membuat Polyline Radius Lingkaran pada ArcGIS.

  1. Pada tahap ini mimin anggap teman-teman sudah punya fitur polygon lingkaran, maka pertama kita cari dulu luas lingkaran yaitu bisa dikalkulasi pada program dengan menggunakan calculate geometry (pastikan dalam satuan meter persegi).
  2. Berikutnya kita dapat menghitung jari-jari (radius) berdasarkan luas lingkaran dengan menggunakan rumus, akar kuadrat dari luas dibagi pi (22/7) atau rumus lengkapnya = Sqr ( [luas] / π )
  3. Selanjutnya buat field baru dengan tipe double yang terdiri dari X1, Y1 - X2,Y2. Untuk mendapatkan nilai X1 dan Y1 bisa didapatkan dari kalkulasi centroid nilai X dan Y dari masing-masing lingkaran. 
  4. Untuk nilai Y2 sama dengan Y1 karena posisinya sama dengan Y1 alias sejajar.
  5. Untuk nilai X2 bisa dengan menambahkan nilai X1 dengan nilai jari-jari (X1 + r)
  6. Setelah semua nilai kita dapat maka terakhir kita cukup menggunakan toolbox XY to line yang terdapat di Data management tools – Features – XY to Line.
  7. Masukkan input table sesuai dengan layer yang berisi X1Y1 dan X2Y2, tentukan output tablenya, Start X field masukkan informasi X1, Start Y field masukkan Y1, End X field masukkan informasi X2, Start Y field masukkan Y2, Line type – Geodesic, Spatial referencenya masukkan system koordinat UTM yang dipakai. dan OK
Membuat Polyline Radius Lingkaran pada ArcGIS
Membuat Polyline Radius Lingkaran pada ArcGIS


Hasil akhir dari proses di atas adalah polyline radius atau jari-jari di masing-masing lingkaran. Supaya lebih kuat dalam pemahaman langkah di atas, mimin sudah siapkan video lengkapnya, silahkan di simak dengan baik ya.

VIDEO TUTORIAL
 

Baca Juga:

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Membuat jari-jari dari polygon lingkaran pada ArcGIS. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.


Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774