BLANTERVIO103

Membuat Grid Peta Dengan Bentuk Custom

Membuat Grid Peta Dengan Bentuk Custom
7/22/2021

Membuat Grid Peta dengan Bentuk tidak beraturan atau sesuai dengan bentuk Area of Interest (AoI).

Membuat Grid Peta Dengan Bentuk Custom

Membuat grid peta pada ArcMap, biasanya mengikuti bentuk data frame (berbentuk persegi / persegi panjang), dengan label (seperti nilai titik-titik koordinat) berada pada bagian luar dari data frame tersebut, seperti contoh pada Gambar 1 di bawah ini :

Membuat Grid Peta Dengan Bentuk Custom


Gambar 1. Grid Peta Menyesuaikan Bentuk Data Frame

Lalu bagaimana caranya jika kita ingin membuat grid dengan  bentuk tidak beraturan (tidak berbentuk persegi / persegi panjang – sesuai bentuk data frame) atau sesuai dengan Area of Interest (AoI) yang kita miliki, seperti contoh-nya diperlihatkan Gambar 2 di bawah ini :

Membuat Grid Peta Dengan Bentuk Custom


Gambar 2. Grid Peta Menyesuaikan Bentuk AoI

Langkah – langkah lengkap supaya grid dapat menyesuaikan bentuk AoI yang kita miliki dapat disimak pada tutorial berikut ini :

1). Buka ArcMap

2). Setelah berada pada jendela tampilan utama, pastikan kita berada pada mode tampilan Layout View.

3). Mimin asumsikan teman-teman sudah selesai memasukkan data yang ada dan membuat grid seperti pada Gambar 1. Sehingga selanjutnya kita hanya memasukkan data AoI-nya yang merupakan data area dalam bentuk vektor dalam format Shape File (.shp)

4). Setelah data AoI berada pada lembar kerja ArcMap, langkah selanjutnya yaitu membuat supaya peta dan grid yang kita buat mengikuti bentuk AoI yang kita punyai. 

5). Seleksi data frame menggunakan Select Elements, kemudian klik kanan dan pilih Properties... Setelah itu akan muncul jendela tampilan Data Frame Properties, dan pilih tab Data Frame.

Membuat Grid Peta Dengan Bentuk Custom


6). Pada bagian Extent Used By Extent Command, pilih opsi Other kemudian klik tombol Specify Extent..., setelah itu akan muncul jendela tampilan Full Extent, pilih opsi Outline of Features, dan pada bagian Layer pilih layer yang merupakan AoI kita, dimana pada tutorial ini, nama file AoI-nya adalah area_clip. Jika sudah selesai klik tombol OK. Langkah yang dilakukan pada tahapan ini bertujuan supaya data yang nantinya terdapat pada lembar kerja ArcMap sesuai dengan bentuk AoI yang kita miliki.

7).  Pada bagian Clip Options, pilih opsi Clip to Shapelalu klik tombol Specify Shape... , setelah itu akan muncul jendela tampilan Data Frame Clipping, pilih opsi Outline of Features, dan pada bagian Layer pilih kembali AoI yang kita miliki. Setelah selesai klik tombol OK . Langkah yang dilakukan pada tahapan ini bertujuan supaya data frame bentuknya mengikuti AoI yang kita miliki.

Membuat Grid Peta Dengan Bentuk Custom


Gambar 4. Proses Pembuatan Grid Sesuai AoI

8). Pastikan bagian Clip Grids and Graticules dicentang, supaya posisi grid yang kita buat mengikuti bentuk AoI yang kita miliki. Setelah semua pengaturan selesai dilakukan, klik tombol OK.

9). Hasilnya dapat dilihat pada Gambar 2 bahwa bentuk peta dan juga grid yang kita buat sudah mengikuti bentuk AoI yang kita miliki. Pada Gambar dibawah ini, peta masih tertutup oleh data AoI dalam bentuk vektor yang kita miliki, oleh karena itu hilangkan centang pada bagian Layer AoI (area_clip), supaya data AoI tidak terlihat pada lembar kerja di ArcMap.

10). Perhatikan kembali Gambar hasil di atas, pada lembar kerja ArcMap masih terdapat data frame yang terlihat. Supaya data frame tersebut tidak terlihat, kita samarkan data frame tersebut dengan cara Seleksi data frame menggunakan tool Select Elements kemudian klik kanan dan pilih Properties..., Setelah itu, akan muncul jendela tampilan Data Frame Properties, kemudian pilihlah tab Frame. Selanjutnya pada bagian Border, klik tombol Color, setelah itu pilih No Color. Jika sudah selesai, klik tombol OK 

VIDEO TUTORIAL

 

Baca Juga:
1. Daftar kumpulan data shapefile (SHP) berbagai tema.
2. Kumpulan Tutorial GIS dan Remote Sensing

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Membuat Grid Peta dengan Bentuk tidak beraturan atau sesuai dengan bentuk AoI. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.


Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774