BLANTERVIO103

Cara Cepat Menyusun Ulang & Ubah Tipe Field pada ArcGIS

Cara Cepat Menyusun Ulang & Ubah Tipe Field pada ArcGIS
10/21/2021

Cara Menyusun Ulang, Mengubah Nama dan Tipe Field Secara Permanen di ArcGIS Tanpa Mengubah Konten Atribut

Cara Cepat Menyusun Ulang & Ubah Tipe Field pada ArcGIS

Menyusun ulang dan merubah tipe field attribute tabel secara permananen pada ArcGIS - Bagaimana cara simpel dan cepat untuk edit kolom field attribute tabel pada ArcGIS. Editing field yang mimin maksud disini adalah Menyusun Ulang, Mengubah Nama dan Type Fieldnya. Contoh kasusnya kita ingin mengubah tipe field yang bertipe text (string) ke bentuk angka (double), maka cara klasik yang biasa digunakan adalah membuat field baru sesuai dengan apa yang akan di perbaiki. Namun cara tersebut mimin rasa terlalu ribet dan menghabiskan banyak waktu. Tips dan trick ini akan sering digunakan ketika kita melakukan management data attribute.

Jika teman-teman ingin melakukan management field data attribute seperti mengatur ulang field, ganti nama, dll secara permanen di ArcGIS, maka ada dua cara untuk melakukannya. Namun yang akan mimin jelaskan cukup satu cara saja yang paling simpel, karena cara ke-dua sedikit ribet menggunakan add-in tambahan. Metode yang digunakan adalah "Teknik Field Map". Teknik Field Map ini menggunakan Arctoolbox yang sudah tersedia dari ArcMap. Jadi bagaimana caranya? mari ikuti tutorial dibawah ini.


Cara Menyusun Ulang Field Attribute Tabel Secara Permanen pada ArcGIS

  1. Siapkan data SHP yang akan dilakukan edit field attribute tabelnya
  2. Sebelum melakukan editing lebih baik di backup dulu data, untuk menghindari kesalahan nantinya.
  3. Kita gunakan Arctoolbox > Conversion tool > To Geodatabase > Feature Class to Feature Class.
  4. Akan muncuk jendela Feature Class to Feature Class. Disinilah cara cepat kita melakukan editing field attribute tabel, seperti menyusun ulang field, merubah nama field, delete field serta merubah tipe field.
  5. Untuk menyusun ulang field, bisa menggunakan panah atas-bawah yang terletak pada samping kiri field map.
  6. Untuk merubah nama, tipe field bisa dengan menuju propertiesnya. Lebih jelas bisa melihat gambar dibawah ini.

Cara Cepat Menyusun Ulang & Ubah Tipe Field pada ArcGIS

 

Mengubah Nama dan Type Field Secara Cepat pada ArcGIS

Cara diatas adalah cara tercepat menurut mimin dalam melakukan edit field. Caranya lainnya yaitu dengan menggunakan tools tambahan X-Ray For Catalog. Namun tools ini sangat ribet dalam pengoperasiannya sehingga mimin lebih rekomendasi cara diatas. Jika masih bingung dengan tutorial diatas bisa lihat video tutorial dibawah.
 
VIDEO TUTORIAL

Baca Juga:
1. Daftar kumpulan data shapefile (SHP) berbagai tema.
2. Kumpulan Tutorial GIS dan Remote Sensing

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Cara Menyusun Ulang & Ubah Type Field Secara Permanen pada ArcGIS. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.


Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774