BLANTERVIO103

Shapefile Peta Trayek TOL Laut Indonesia

Shapefile Peta Trayek TOL Laut Indonesia
11/02/2021

Peta SHP Trayek TOL Laut Logistik Indonesia Terbaru

Shapefile Peta Trayek TOL Laut Indonesia
Shapefile TOL Laut - merupakan salah satu program pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk mengurangi disparitas harga yang terjadi antara wilayah Barat Indonesia (terutama pulau Jawa) dengan wilayah Timur Indonesia dengan memanfaatkan transportasi laut. Tol Laut dimulai sejak November 2015 dengan menyediakan kapal dengan sistem berjadwal dari wilayah Barat Indonesia ke wilayah Timur Indonesia dan sebaliknya.

Tol Laut adalah sistem jalur distribusi logistik menggunakan angkutan kapal barang dengan rute terjadwal dari ujung barat hingga timur dan dari utara ke selatan Indonesia. Tol laut bertujuan untuk mengembangkan ekonomi maritim, dengan menjadikan laut sebagai basis konektivitas produksi dan pemasaran antar daerah/pulau di Indonesia dan regional.

Konsep Tol Laut pada dasarnya adalah untuk memperkuat jalur pelayaran yang dititikberatkan pada Indonesia bagian Timur. Ide dari konsep Tol Laut tersebut akan membuka akses regional dengan cara membuat dua pelabuhan besar berskala hub international yang dapat melayani kapalkapal niaga besar.


Shapefile Rute TOL Laut Indonesia

Peta Tol laut ini akan menggambarkan rute trayek tol laut pada suatu bidang datar dengan skala tertentu. Berbicara tentang Peta, maka tidak akan lepas dari yang namanya spasial atau data spasial yaitu berkaitan dengan ruang dan waktu. Pada kesempatan ini, mimin akan menginformasi Data SHP terkait dengan Peta TOL Laut yang ada di Indonesia.

Pada SHP Tol Laut ini terdiri dari data:

  1. Kode Trayek Tol Laut
  2. Jaringan Trayek Tol Laut
  3. Jumlah Hari Berlayar
  4. Operator
  5. Jenis dan Tipe Kapal yang mendukung
  6. Pola Subsidi

Selain itu terdapat data pendukung seperti data Pelabuhan, Terminal Khusus, Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP),  Ketersediaan Stasiun Radio Pantai (SROP), Penyediaan Vessel Traffic Service (VTS) dan perairan wajib pandu. Berikut contoh preview data yang sudah mimin siapkan.

Shapefile Peta Trayek TOL Laut Indonesia


Sama seperti sebelumnya yang sudah admin jelaskan Lapak GIS hanya akan mengkategorikan data itu premium berdasarkan sumber. Jika berminat untuk mendapatkan data format SHP Shapefile diatas, silahkan hubungi admin melalui Contact Form/Whatsapp. Jika tidak ada halangan dan kesibukan lainnya, admin akan langsung merespon pesan yang teman-teman kirimkan.

Baca Juga:


Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang SHP Trayek TOL Laut Indonesia Terbaru. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774