BLANTERVIO103

Membuat Simbol Panah Arah Aliran pada ArcGIS

Membuat Simbol Panah Arah Aliran pada ArcGIS
12/11/2021

Cara Membuat Simbol Panah Arah Aliran untuk Saluran Pembuangan, Jalan, Sungai dll dengan ArcGIS

Membuat Simbol Panah Arah Aliran pada ArcGIS

Artikel ini dibuat untuk menunjang pekerjaan gis, jadi mungkin dari teman-teman ada juga yang membutuhkan Cara Membuat Simbol Panah Arah Aliran untuk Saluran Pembuangan - Arah Sungai - Arah Jalan ataupun yang lainnya karena pada prinsip prosesnya tetap sama. Nantinya akan mimin jelaskan step by step nya sampai ke tahap import simbol layernya, jadi jika teman-teman butuh simbologi yang sama tidak perlu repot untuk membuat ulang.

Sebagian besar pipa saluran pembuangan (untuk arah jalan, sungai dan yang lainnya bisa di sesuaikan ya) yang mimin lihat memiliki panah arah di akhir garis, tetapi yang akan kita buat nanti dan mimin inginkan adalah panah arah di sepanjang jalur, pada interval yang wajar.

Konsepnya adalah simbol 2 lapis, dengan garis kartograf, dan kemudian simbol garis Marker dengan interval 13 dan hanya menggunakan 2 lapisan fitur yang berbeda dari kelas fitur yang sama (1 dengan panah dan 1 tanpa panah). Baiklah langsung saja kita masuk ke proses pembuatannya sebagai berikut.

  1. Menuju symbol selector ➔ pilih Edit Symbol...
  2. Muncul jendela baru, pada bagian properties pilih type "Marker Line symbol" ➔ lalu add layer (icon tambah "+"  diatas icon copy).
  3. Lalu kita menuju tab "Template" ➔ pada bagian interval ubah menjadi 13 ( bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing)
  4. Selanjutnya ke tab "Marker Line" ➔ pilih Symbol... ➔ lalu akan terbuka jendela symbol selector ➔ pilih Edit Symbol... ➔ akan muncul jendela symbol property editor.
  5. Pada jendela  symbol property editor ini kita akan cari simbol berupa panah yaitu ubah dulu tipe menjadi "Character Marker  Symbol" ➔ lalu pada bagian Font ganti ke Font "Esri Arrowhead" dan cari jenis panah sesuai selera masing-masing, jangan lupa atur juga size font dan warnanya.
  6. Selanjut kita ke mask agar tampilan panah terlihat jelas nantinya dan Style nya pilih "Halo" dengan ketebalan cukup 1 saja.
  7. Setelah selesai semua tinggal OK saja sampai akhir. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah atau video tutorial yang sudan mimin buat.

Mimin juga sudah siapkan juga beberapa style dalam format .lyr yang tinggal di import. Namun pada tutorial ini mimin memakai ArcGIS 10.4, apakah style ini bisa dipakai untuk versi yang lain, mimin juga kurang tahu, dicoba saja ya. Jika seandainya tidak bisa, maka harus dibuat sendiri dengan langkah-langkah yang sudah mimin jelaskan diatas.


Membuat Simbol Panah Arah Aliran pada ArcGIS

Membuat Simbol Panah Arah Aliran pada ArcGIS

VIDEO TUTORIAL

Baca Juga:
1. Daftar kumpulan data shapefile (SHP) berbagai tema.
2. Kumpulan Tutorial GIS dan Remote Sensing

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Cara Membuat Simbol Panah Arah Aliran untuk Saluran Pembuangan - Arah Sungai - Arah Jalan. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.


Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774