BLANTERVIO103

Shapefile SHP Persil Bangunan Indonesia Terbaru

Shapefile SHP Persil Bangunan Indonesia Terbaru
1/16/2022

Data GIS Persil Bangunan Terbaru Format SHP

Shapefile SHP Persil Bangunan Indonesia Terbaru
Shapefile SHP Persil Bangunan (Building Persil SHP Shapefile) - Apa kabar teman-teman Lapak GIS, semoga selalu dalam keadaan sehat selalu ya. Baiklah pada artikel ini mimin akan sharing data SHP lagi untuk kategori premium, karena sudah sangat lama mimin tidak menambahkan artikel untuk kategori ini. Mungkin beberapa ada yang membutuhkan jadi silahkan hubungi mimin jika membutuhkan ya.

Sedikit kita berbicara tentang Persil bangunan sebelum kita membahas data Shapefile SHP Persil Bangunan. Persil Bangunan adalah sebidang area dengan ukuran tertentu untuk perumahan atau bangunan tempat tinggal dalam sebuah pemukiman. Jadi pada intinya data ini adalah berupa Poligon (area) yang menggambarkan lokasi-lokasi bangunan, ingat ya...hanya bangunan.

Banyak sekali kegunaan data dari persil bangunan ini contoh jika ingin melakukan kajian perubahan persil bangunan terhadap ruang jalan, terhadap ruang terbuka hijau, kajian garis sempadan bangunan, bidang pemetaan untuk keperluan identifikasi wilayah rawan bencana atau  mengenai komposisi daerah yang tidak terbangun dalam suatu persil bangunan dan masih banyak lagi. Maka dari itu mimin berinisiatif untuk mengadakan data ini. Terkait sumber dan metadatanya nanti akan mimin jelaskan dibawah ya, jadi silahkan baca sampai selesai.


Data SHP Persil Bangunan Terbaru Terlengkap

Shapefile SHP Persil Bangunan yang ada pada Lapak GIS merupakan hasil digitasi dari Peta Google Maps (Google Earth). Jika melihat dari kondisi saat ini data SHP persil bangunan sangat terbatas ketersediaannya, bahkan yang dari OSM (OpenStreetMapsendiripun masih belum lengkap, mungkin untuk kota-kota besar dijawa bisa jadi sudah lengkap namun tidak untuk wilayah kota yang diluar itu. Masih sangat terbatas ketersediaannya. Jadi mimin tekankan kembali ya, data ini bukan dari OSM tapi dari digitasi peta google.

Seperti yang kita tahu google maps merupakan bagian dari google earth yang artinya setiap ketelitian resolusinya akan sama lebih kurang. Berdasarkan kajian-kajian yang telah dilakukan setidaknya dengan peta google kita sudah dapat menghasilkan peta dengan skala minimal 1:10.000 dan maksimal tentu akan menghasilkan skala yang lebih besar dengan penambahan metode-metode seperti  proses pan sharpening (penggabungan citra pankromatik dengan multispectral) sehingga resolusi nya jadi lebih besar.

Karena data Shapefile SHP Persil Bangunan ini bersumber dari hasil digitasi Peta Google Maps (Google Earth) maka untuk informasi attibutenya sendiri hanya terdapat data luasan yang didapat dari poligonnya (tidak menutup kemungkinan akan ada informasi lain kedepannya). Sementara untuk informasi lainnya belum tersedia, jadi untuk kekurangan tersebut silahkan teman-teman sesuaikan dengan kebutuhan ya. Untuk tahun data sendiri mengikuti data yang ada pada google mungkin belum terupdate namun setidaknya kita sudah mendapat data Poligon persil bangunan dan mengurangi beban pekerjaan. Penasaran seperti apa data Shapefile SHP Persil Bangunan ini, bisa dilihat pada preview dibawah ini.

PREVIEW DATA

Shapefile SHP Persil Bangunan Indonesia Terbaru

Shapefile SHP Persil Bangunan Indonesia Terbaru
Shapefile SHP Persil Bangunan Indonesia Terbaru


Jika berminat untuk mendapatkan data format Shapefile SHP Persil Bangunan  diatas untuk keperluan analisis lanjut, project, riset dan keperluan lainnya, silahkan hubungi admin melalui Contact Form/Whatsapp. Jika tidak ada halangan dan kesibukan lainnya, admin akan langsung merespon pesan yang teman-teman kirimkan.

Baca Juga:
1. Daftar kumpulan data shapefile (SHP) berbagai tema.
2. Peta Cetak Digital Indonesia Berbagai Tema.

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang SHP Persil Bangunan. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774