BLANTERVIO103

Cara Menghapus Nilai Sel Tertentu dari Data Raster - ArcGIS

Cara Menghapus Nilai Sel Tertentu dari Data Raster - ArcGIS
7/17/2022

Cara Menghapus Nilai Sel Tertentu (Specific Value) dari Data Raster Menggunakan ArcGIS

Cara Menghapus Nilai Sel Tertentu dari Data Raster - ArcGIS

Adakalanya kita mungkin ingin menghilangkan nilai sel tertentu pada data raster kita, baik itu untuk penyesuaian metode ataupun untuk mempermudah analisis lanjutan, dan lain sebagainya. Misalnya kita ingin menghapus sel yang nilainya kecil dari Nol (0) atau nilanya besar sama dari 500 atau nilai spesifik sesuai kebutuhan kita

Menghapus Nilai Sel Tertentu atau spesifik pada data raster bisa dilakukan dengan bermacam cara, dalam tutorial ini akan dijelaskan 2 cara saja yang menurut mimin sudah paling simpel dan mudah dipahami. Dalam contoh tutorial ini mimin memakai data DEM.


Menghapus Nilai Sel Raster dengan Toolbox Logical + Conditional

Cara yang pertama ini merupakan konsep dari cara kedua, sehingga setidaknya mimin perlu memperlihatkan alur kerjanya.  Ada 2 toolbox yang digunakan pada cara pertama ini yaitu Toolbox Logical dan toolbox Conditional. Untuk logical sendiri banyak macamnya seperti Equal to (sama dengan), Greater than (lebih dari), less than (kurang dari), Not Equal, Is Null, dll. Sedangkan untuk Conditional terdiri dari Con, Pick, Set Null. Bingung...??? Mungkin lebih baik langsung ke prakteknya saja.

  1. Siap kan data raster yang ingin dihilangkan nilai selnya. Contoh mimin data DEM
  2. Buka Arctoolbox > Spatial Analyst Tools > Math > Logical 
  3. Tentukan Nilai yang mau dihilangkan, contoh mimin ingin menghilangkan sel yang nilainya kecil dari Nol (0) sehingga pada toolbox logical kita bisa memakai "less than (kurang dari)". Setelah kita memilih less than (kurang dari) nanti akan muncul pilihan.
  4. Pada Input raster or constant value 1 masukkan Data DEM. 
  5. Pada Input raster or constant value 2 Masukkan Nilai batas, dalam hal ini adalah Nol (0), teman-teman bisa juga masukkan nilai kurang dari 100 atau kurang dari -10, bebas.
  6. Tentukan tempat penyimpan hasil analisis (output) dan OK
  7. Sampai disini pekerjaan kita belum selesai, sekarang kita pindah ke Arctoolbox > Spatial Analyst Tools > Conditional > Set Null
  8. Pada "Input contiontinal raster" masukkan data hasil dari point 6 tadi (hasil dari logical)
  9. Untuk Expressionnya masukkan nilai 1, yang artinya itu adalah nilai yang akan kita hilangkan.
  10. Untuk Input raster or constant value, masukkan data DEM asli (awal) dan OK
  11. Hasilnya Nilai sel yang sudah kita setting tadi akan di hapus.

Cara Menghapus Nilai Sel Tertentu dari Data Raster - ArcGIS
 

Menghapus Nilai Sel Raster dengan Raster Calculator

Cara kedua ini adalah yang paling mudah karena langkah-langkah pada point 1 s/d 11 diatas akan dibuatkan dalam expressi map algebra, cukup dengan satu baris saja sudah selesai. Berikut expressinya:

SetNull("Data DEM" <0, "Data DEM")

Cara Menghapus Nilai Sel Tertentu dari Data Raster - ArcGIS

Data DEM adalah data input kita dan <0 adalah batas nilai yang akan dibuang, artinya kita akan menghapus sel yang nilainya kurang dari Nol (0). Ekpresi seperti Equal to (sama dengan), Greater than (lebih dari), less than (kurang dari), Not Equal, Is Null, dll bisa juga di lakukan dengan Raster Calculator.

VIDEO TUTORIAL


Baca Juga:
1. Daftar kumpulan data shapefile (SHP) berbagai tema.
2. Kumpulan Tutorial GIS dan Remote Sensing

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Menghapus Nilai Sel Tertentu (Specific Value) dari Data Raster. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.


Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774