BLANTERVIO103

Shapefile (SHP) Tinggi Gelombang Permukaan Laut

Shapefile (SHP) Tinggi Gelombang Permukaan Laut
12/22/2022

Analisis SHP Tinggi Gelombang Permukaan Laut

Shapefile (SHP) Tinggi Gelombang Permukaan Laut

SHP Tinggi Gelombang Laut - Gelombang laut adalah suatu pergerakan naik turunnya air laut yang terjadi akibat beberapa faktor. Gelombang laut bisa diakibatkan oleh angin, gravitasi matahari dan bulan, letusan gunung berapi atau gempa di laut, kapal yang bergerak, dan sebagainya.

Tinggi gelombang laut adalah ukuran atau ketinggian dari sebuah gelombang di laut, biasanya diukur dari titik terendah (trough) ke titik tertinggi (crest) dari gelombang tersebut. Tinggi gelombang laut dapat diukur dalam berbagai unit, seperti meter atau feet. Tinggi gelombang laut dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, seperti kecepatan angin yang membentuk gelombang, jarak yang ditempuh oleh angin, dan kedalaman laut di tempat gelombang tersebut terbentuk. Gelombang laut yang tinggi dapat menjadi ancaman bagi kapal-kapal di laut, terutama jika mereka beroperasi di kawasan yang memiliki gelombang yang tinggi dan curam.

Sulitnya pengambilan data gelombang secara insitu di laut menjadi suatu masalah tersendiri. Solusi dari masalah tersebut adalah menggunakan Remote Sensing (Penginderaan Jauh) untuk mengetahui tinggi dan periode gelombang signifikan. Konsep tinggi gelombang signifikan ini dapat merepresentasikan tinggi gelombang sebenarnya di lapangan atau memberikan informasi mengenai peramalan gelombang di perairan.

SHP Analisis Tinggi Gelombang Permukaan Laut ini didasarkan pada model gelombang MFWAM yang merupakan model gelombang generasi ketiga. MFWAM menggunakan kode komputasi ECWAM-IFS-38R2. Model operasional MFWAM didorong oleh analisis 6 jam dan prakiraan angin 3 jam dari sistem atmosfer IFS-ECMWF. Spektrum gelombang didiskritisasi dalam 24 arah dan 30 frekuensi mulai dari 0,035 Hz hingga 0,58 Hz. Model MFWAM menggunakan asimilasi altimeter dengan langkah waktu 6 jam serta dengan pembaruan sistem asimilasi dengan Sentinel-6A. Sistem gelombang ini memberikan analisis 3-4 kali sehari.

Gelombang tinggi pada umumnya memang selalu terjadi pada Musim Timur (Bulan Juni, Juli, Agustus) dan Musim Barat (Bulan Desember, Januari, Februari). Berikut admin tampilkan beberapa hasil analisis yang sudah dilakukan.

Shapefile (SHP) Tinggi Gelombang Permukaan Laut




Jika berminat untuk mendapatkan data format SHP Shapefile diatas, silahkan hubungi admin melalui Contact Form/Whatsapp. Jika tidak ada halangan dan kesibukan lainnya, admin akan langsung merespon pesan yang teman-teman kirimkan.

Baca Juga:
1. Daftar kumpulan data shapefile (SHP) berbagai tema.
2. Kumpulan Tutorial GIS dan Remote Sensing

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang SHP Tinggi Gelombang Permukaan Laut Terbaru. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.


Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774