BLANTERVIO103

Cara Menambahkan Deskripsi diatas Simbol pada Legenda ArcGIS

Cara Menambahkan Deskripsi diatas Simbol pada Legenda ArcGIS
8/19/2023

Cara menambahkan label atau teks kedalam simbologi pada Legenda menggunakan ArcGIS

Cara Menambahkan Deskripsi diatas Simbol pada Legenda ArcGIS

Dalam pemetaan dan analisis geospasial, legenda adalah komponen penting yang membantu memahami makna simbologi yang digunakan dalam sebuah peta. Namun, seringkali simbologi itu sendiri memerlukan penjelasan lebih lanjut. Di sinilah penambahan deskripsi di atas simbol pada legenda dalam ArcGIS memiliki peran krusial. Artikel ini akan membahas cara melakukan hal ini dalam ArcGIS - ArcMap.


Langkah 1: Membuat Deskripsi Simbol

Sebelum kita dapat menambahkan deksripsi label atau teks diatas Simbol pada Legenda, kita perlu membuat deskripsi terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Buka proyek ArcMap yang sudah berisi peta yang ingin Anda buat.
  2. Pada Data layer, klik kanan lalu pilih properties...
  3. Pilih Tab Symbology, lalu pada Show: pilih Categories
  4. Pada Value Field, pilih field yang akan di buat simbolnya lalu Add All Values
  5. Arahkan kursor ke salah satu simbol lalu klik kanan dan pilih "Edit Description...". Isilah sesuai kebutuhan deskripsi yang akan di tampilkan nanti pada legenda. Metode pengisian deskripsi memang masih dilakukan secara manual atau satu persatu, namun untuk penempatannya diatas simbologi legenda bisa secara otomatis.

 

Langkah 2: Membuat Legenda

Setelah Membuat Deskripsi Simbol, kita perlu membuat legenda terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Buka proyek ArcMap yang sudah berisi peta yang ingin Anda buat legenda.
  2. Di menu "Insert", pilih "Legend" untuk menambahkan legenda ke tata letak peta Anda.
  3. Arahkan kursor Anda di area di mana Anda ingin menempatkan legenda, dan klik untuk menempatkannya.

 

Langkah 3: Menambahkan deksripsi label atau teks diatas Simbol pada Legenda

Setelah legenda dibuat, langkah berikutnya adalah menambahkan deksripsi label atau teks yang menjelaskan simbologi dalam legenda tersebut. Berikut caranya:

  1. Klik kanan pada legenda yang baru saja Anda buat, lalu pilih "Properties" dari menu konteks yang muncul.
  2. Di jendela "Legend Properties," pilih tab "Items."
  3. Di daftar item legenda, Anda akan melihat entri untuk setiap simbologi yang muncul dalam legenda. Klik dua kali pada entri simbologi yang ingin Anda tambahkan deksripsi labelnya.
  4. Di jendela "Legend Item Properties," Anda akan melihat beberapa opsi, termasuk "Show Descriptions" di bagian tengah kanan. Aktifkan opsi ini.
  5. Pilih pada Descriptions Symbol... untuk melakukan pengaturan lebih lanjut seperti mengatur font, ukuran, dan warna teks label sesuai preferensi Anda serta posisi dekripsinya.
  6. Untuk mengatur posisi deksripsi label atau teks diatas Simbol pada Legenda, kita bisa mengaturnya pada editor (lanjutan dari point 5). Disini yang perlu di sesuaikan adalah pada "X Offset" dan Horizontal Alignment "Center", yang mana untuk nilainya bisa kita dapatkan melalui sistem trial, artinya tidak ada angka yang pasti.
  7. Setelah selesai, klik "OK" untuk menutup jendela "Legend Item Properties."
Cara Menambahkan Deskripsi diatas Simbol pada Legenda ArcGIS


Untuk lebih memahami tutorial yang mimin sampaikan diatas, maka sudah mimin buatkan video singkatnya, semoga dapat dipahami dengan baik. Jangan lupa selalu dukung setiap linimasa Lapak GIS dengan cara share, komen dan berlanganan.

VIDEO TUTORIAL

Baca Juga:

 
Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Cara Menambahkan Deskripsi diatas Simbol pada Legenda ArcGIS. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.
Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774