BLANTERVIO103

Shapefile Satuan Kemampuan Lahan Morfologi

Shapefile Satuan Kemampuan Lahan Morfologi
3/11/2024
Shapefile Satuan Kemampuan Lahan Morfologi

Shapefile (SHP) Peta Satuan Kemampuan Lahan Morfologi (SKL Morfologi) adalah peta yang menunjukkan kemampuan lahan untuk dikembangkan berdasarkan bentuk bentang alam atau morfologinya. Peta ini membantu para perencana dan pengambil kebijakan dalam menentukan penggunaan lahan yang sesuai dengan karakteristiknya, sehingga dapat memaksimalkan potensi dan meminimalkan dampak negatifnya.

Manfaat SHP Peta Morfologi:

  • Membantu dalam perencanaan tata ruang: Peta SKL Morfologi membantu para perencana dalam menentukan zonasi wilayah, seperti kawasan permukiman, kawasan industri, kawasan pertanian, dan kawasan hutan lindung.
  • Meningkatkan efisiensi penggunaan lahan: Dengan mengetahui kemampuan lahan, penggunaan lahan dapat dioptimalkan untuk kegiatan yang sesuai dengan karakteristiknya.
  • Mencegah kerusakan lingkungan: Penggunaan lahan yang tidak sesuai dengan kemampuannya dapat menyebabkan kerusakan lingkungan, seperti erosi, banjir, dan tanah longsor. Peta SKL Morfologi membantu mencegah kerusakan tersebut dengan memberikan informasi tentang kesesuaian lahan untuk berbagai kegiatan.

Informasi yang terkandung dalam Shapefile Peta SKL Morfologi minimal terdiri dari Bentuk bentang alam dan Kelerengan. Berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No.20/Prt/M/2007 Pedoman Teknis Analisis Aspek Fisik Dan Lingkungan, Ekonomi, Serta Sosial Budaya Dalam Penyusunan Rencana Tata Ruang, kriteria Satuan Kemampuan Lahan (SKL) Morfologi terbagi menjadi 5 kategori, yaitu:

1. Dataran:

  • Bentuklahan datar, memiliki sedikit kemiringan
  • Cocok untuk berbagai kegiatan, seperti permukiman, pertanian, dan industri

2. Landai:

  • Bentuklahan agak bergelombang, memiliki kemiringan yang relatif kecil
  • Cocok untuk berbagai kegiatan, seperti permukiman, pertanian, dan perkebunan

3. Perbukitan Sedang:

  • Bentuklahan bergelombang dengan kemiringan yang cukup
  • Cocok untuk perkebunan, hutan tanaman industri, dan kawasan lindung

4. Pegunungan / Perbukitan Terjal:

  • Bentuklahan berbukit dengan kemiringan yang curam
  • Cocok untuk hutan lindung dan kawasan konservasi

5. Pegunungan / Perbukitan Sangat Terjal:

  • Bentuklahan pegunungan dengan kemiringan yang sangat curam
  • Cocok untuk kawasan lindung dan taman nasional

Berikut preview data SHP Peta Morfologi dengan skala data 1:50.000

Shapefile Satuan Kemampuan Lahan Morfologi


Jika berminat mendapatkan data format SHP Shapefile diatas, silahkan hubungi admin melalui Contact Form/Whatsapp. Jika tidak ada halangan dan kesibukan lainnya, admin akan langsung merespon pesan yang teman-teman kirimkan.

Baca Juga:

1. Daftar kumpulan data shapefile (SHP) berbagai tema.
2. Kumpulan Tutorial GIS dan Remote Sensing

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang SHP SKL Morfologi. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774