BLANTERVIO103

Shapefile Peta Tutupan Lahan KLHK Terbaru Seluruh Indonesia

Shapefile Peta Tutupan Lahan KLHK Terbaru Seluruh Indonesia
5/19/2019

SHP Tutupan Lahan (Penggunaan Lahan) Indonesia Terbaru

Shapefile Peta Tutupan Lahan KLHK 2017 Seluruh Indonesia
Lapak GIS sebelumnya sudah berbagi shapefile tentang Kawasan lindung seluruh indonesia, dan itu bisa teman-teman dapatkan secara gratis alias free. Pada kesempatan kali ini kita akan memberitahukan kepada teman-teman bahwa lapakgis menyediakan jasa untuk mendapatkan Shapefile SHP Peta Tutupan Lahan KLHK Seluruh Indonesia.

Seperti yang teman-teman ketahui, bahwa data spasial (format shp, json, gjson, tab) tutupan lahan tidak dipublish untuk umum, namun hanya bisa di akses peta onlinenya saja. Maka dari itu Lapak GIS mempunyai data Tutupan Lahan KLHK tahun terlama dan tahun terbaru seluruh Indonesia Format SHP Shapefile untuk teman-teman olah lebih lanjut.

Data tutupan lahan ini bersumber dari Direktorat Inventarisasi dan Pemantauan Sumber Daya Hutan, Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan - KLHK pada tingkat ketelitian skala 1:250.000, dengan sistem klasifikasi / kategorinya terdiri dari:
  1. Hutan Lahan Kering Primer
  2. Hutan Lahan Kering Sekunder/bekas tebangan
  3. Hutan Mangrove Primer
  4. Hutan Mangrove Sekunder/bekas tebangan
  5. Hutan Rawa Primer
  6. Hutan Rawa Sekunder/bekas tebangan
  7. Hutan Tanaman
  8. Semak Belukar
  9. Semak Belukar Rawa
  10. Pertanian Lahan Kering
  11. Pertanian Lahan Kering Campur Semak / kebun campur
  12. Sawah
  13. Tambak
  14. Perkebunan / Kebun
  15. Permukiman / Lahan terbangun
  16. Bandara/ Pelabuhan
  17. Transmigrasi
  18. Lahan Terbuka
  19. Pertambangan
  20. Savana/ Padang Rumput
  21. Tubuh Air
  22. Rawa
  23. Awan

Shapefile  Tutupan Lahan atau Penggunaan Lahan Terbaru

Berdasarkan daftar sistem klasifikasi tutupan lahan di atas, kelas tutupan lahan dapat dikategorikan menjadi kelas hutan dan kelas non hutan. Dimana untuk kelas hutan merupakan kelas penutupan lahan yang terdiri dari Point 1 - 7 pada daftar di atas, sedangkan kelas non hutan merupakan kelas penutupan
lahan selain 7 kelas hutan tersebut atau Point 8 - 23.

Untuk klasifikasi hutan tanaman bisa diartikan merupakan hasil budidaya manusia meliputi seluruh hutan tanaman baik Hutan Tanaman Industri/IUPHHK-HT maupun hutan tanaman yang merupakan hasil reboisasi/penghijauan yang berada di dalam maupun di luar kawasan hutan.

Shapefile Peta Tutupan Lahan KLHK 2017 Seluruh Indonesia
Shapefile Peta Tutupan Lahan KLHK 2017 Seluruh Indonesia
Shapefile Peta Tutupan Lahan KLHK 2017 Seluruh Indonesia

Lapak GIS juga menyediakan Shapefile (SHP) Tutupan Lahan KLHK tahun 2011, 2012, 2013, 2014, 2015, 2016, 2017, 2018, 2019, 2020, 2021 dan tahun-tahun lama lainnya untuk berbagai macam kebutuhan.

UPDATE TERBARU
Tutupan Lahan tahun 2022
sudah tersedia (available) di Lapak GIS

Jika teman-teman berminat untuk mendapatkan Data Shapefile Peta Tutupan Lahan dengan sumber data Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan, silahkan hubungi admin melalui Contact Form/Whatsapp. Jika tidak ada halangan dan kesibukan lainnya, admin akan langsung merespon pesan yang teman-teman kirimkan.

Baca Juga:
1. Daftar kumpulan data shapefile (SHP) berbagai tema.
2. Peta Cetak Digital Indonesia Berbagai Tema

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang SHP Tutupan Lahan (Penggunaan Lahan) Terbaru. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.
Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774