BLANTERVIO103

2 Cara Memotong Data Raster Pada Arcgis

2 Cara Memotong Data Raster Pada Arcgis
6/06/2019



Perbedaan Cara Memotong Data Raster dengan Tools Clip Raster VS Extrack by Mask

Kembali bersama lapak gis dalam rangka berbagi tutorial seputar dunia sistem informasi geografis, spasial dan pengindraan jauh. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana caranya kita memotong data raster seperti data DEM, peta digital, atau peta hasil scan yang penting berformat Raster. Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa ada beberapa macam tipe data pada gis Data GIS itu seperti Apa? Ini Jenisnya!.
2 Cara Memotong Data Raster Pada Arcgis

Selain kita akan membahas tutorial cara potong data raster, kita juga akan membahas Perbedaan Tools Clip Raster VS Extrack by Mask, karena kedua tool tersebut mempunyai fungsi yang sama yaitu memotong data raster, tapi ada sedikit perbedaan tergantung penggunaan lanjut dari data tersebut. Berikut tutorial cara Memotong Data Raster pada Arcgis/arcmap.

Menggunakan CLIP RASTER
  1. Masukkan data raster dan SHP untuk batas potongan ke dalam arcgis lalu pada Arctoolbox pergi ke Data Management tool > Raster > Raster Processing > Clip.
  2. Masukkan data raster pada kolom input raster
  3. SHP batas potongan dikolom output extend
  4. Pada kolom output raster atau tempat penyimpanan hasilnya, jangan lupa memberikan ekstensi file di akhir nama file. contoh .tif
  5. Centang use input feature for clipping
  6. klik OK.

2 Cara Memotong Data Raster Pada Arcgis

Menggunakan EXTRACK by MASK
  1. Masukkan data raster dan SHP untuk batas potongan ke dalam arcgis lalu pada Arctoolbox pergi ke Spatial Analyst Tools > Extraction > Extrack by Mask.
  2. Masukkan data raster pada kolom input raster
  3. SHP batas potongan dikolom "input raster or feature mask data"
  4. Tentuka lokasi penyimpanan datanya
  5. klik OK.

2 Cara Memotong Data Raster Pada Arcgis


Berikut hasil perbedaan dari 2 tool dengan fungsi yang sama tersebut yaitu sama-sama memotong data raster. Dari gambar di bawah ini perbedaannya terletak dari format file dan tipe pixel yang dihasilkan. Pertanyaannya kapan kita akan memakai clip raster dan kapan kita memakai extrack by mask?. Clip raster digunakan jika data raster hanya untuk dipotong saja, artinya raster tersebut tidak diolah lebih lanjut, sedangkan extrack by mask dipakai ketika kita ingin menggunakan data raster tersebut untuk diolah lagi seperti data DEM.

2 Cara Memotong Data Raster Pada Arcgis

Jika teman-teman masih ragu dengan cara atau tutorial diatas, maka bisa ikut petunjuk video yang sudah admin share di youtube milik lapakgis. 

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh). Khususnya membahas seputar tutorial, tips bermanfaat, download data spasial (Shapefile/Raster).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774