BLANTERVIO103

Shapefile RBI Gratis Kepulauan Riau per Kab/Kota

Shapefile RBI Gratis Kepulauan Riau per Kab/Kota
7/01/2019

Shapefile Peta Rupa Bumi Indonesia Gratis untuk Provinsi Kepulauan Riau - per Kabupaten/Kota Sumber data BIG via Google Drive

Setelah beberapa hari ini belum update artikel disebabkan kesibukan didunia nyata sekaligus juga belum menemukan ide mau share tentang apa, maka kali ini mimin lapak gis kembali dengan ide yang mungkin sebagian orang tidak berguna. Tapi menurut mimin tidak ada salahnya mencoba Sebelumnya Lapak GIS sudah berbagi tentang Data SHP Shapefile RTRW Pola Ruang Seluruh Indonesia Sumber Data Kementrian ATR/BPN, maka pada kesempatan ini kita akan berbagi sebuah project besar dari lapak gis.
Shapefile RBI Gratis Kepulauan Riau per Kab/Kota

Project besar lapak Gis kali ini adalah mengumpulkan lalu membackup Shapefile Peta Rupa Bumi Indonesia per kabupaten/kota ke dalam Google Drive. Karena mungkin bagi sebagian orang masih ribet dengan segala registrasi atau pendaftaran sebelum mendaparkan SHP RBI ini di tanahair.indonesia.go.id/portal-web. Ada juga yang sempat menanyakan ke admin bagaimana cara mendapatkan shapefile RBI di situs resminya walau sudah disediakan secara gratis.

Maka dari itu admin berinisiatif untuk menyediakan data shp RBI untuk seluruh wilayah Indonesia GRATIS yang dibundle dalam satu artikel SHP Provinsi lalu dikelompokkan berdasarkan Kabupaten dan Kota nya. Jadi teman-teman tidak perlu lagi harus melakukan pendaftaran dan segala macamnya, tinggal klik langsung dapat data shapefilenya.

TAPI perlu diketahui project ini mimin selesaikan secara bertahap - pelan pelan. Syukur kalau ada sukarela yang membantu, he he he...😅 Mungkin metodenya tergantung Request yang masuk ke Lapak GIS, Provinsi mana yang lebih dulu admin kerjakan. Jadi Silakan request ya teman-teman.

Shapefile RBI Gratis Kepulauan Riau per Kab/Kota

SHP Shapefile Kepulauan Riau GRATIS

Perdana ini mimin akan kerjakan untuk Provinsi Kepulauan Riau, karena memiliki jumlah kab/kota yang relatif sedikit yaitu yang terdiri dari:

Kabupaten/Regency
  1. Karimun
  2. Bintan
  3. Natuna
  4. Lingga
  5. Kepulauan Anambas
Kota/ Municipality
  1. Batam
  2. Tanjungpinang
Shapefile RBI Gratis Kepulauan Riau per Kab/Kota

Perlu teman-teman ketahui Shapefile Gratis Rupa Bumi Indonesia ini berskala 1 : 50.000 yang sumber datanya berasal dari BIG. Jenis data RBI yang tersedia terdiri dari:
  1. Batas Wilayah/Administrasi
  2. Geologi
  3. Hidrografi (sungai, danau, kolam, bendungan, empang, rawa, waduk, dll)
  4. Hipsografi (kontur atau topografi)
  5. Lingkungan terbangun (bangunan, pemukiman, arena olahraga, pemerintahan, niaga, dll)
  6. Tanah (pasir)
  7. Toponimi (asal-usul penamaan nama tempat)
  8. Transportasi (Jaringan Jalan, jembatan, rel kereta api, dll)
  9. Utilitas
  10. Vegetasi/Tutupan Lahan.
Penjelasan teknik untuk Provinsi Kepulauan Riau ini. Secara astronomis, Provinsi Kepulauan Riau terletak antara 00°29’ LS dan 04°40’ LU dan 103°22’ BT - 109°4’ BT. Pemerintahan, Provinsi Kepulauan Riau terdiri dari 1.796 pulau. Kepulauan Riau terdiri dari 7 kabupaten/kota.

Berdasarkan Undang-Undang No. 25/2002 Provinsi Kepulauan Riau ditetapkan sebagai provinsi di Indonesia dengan 4 kabupaten dan 2 kota namun Sejak tahun 2008, berdasarkan Undang-Undang No.33/2008 terbentuklah Kabupaten Kepulauan Anambas sebagai hasil pemecahan wilayah Kabupaten Natuna.

Bundel Shapefile RBI Provinsi Kepulauan Riau
Via Google Drive [150 MB]

NOTE:
Untuk mengunduhnya sekaligus pada google drive, teman-teman pilih menu dropdown yang ada dibawah kotak telusur lalu pilih unduh, lihat petunjuk dibawah ini.

tutorial download lapakgis


Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Shapefile RBI Gratis Kepulauan Riau. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.
Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774