BLANTERVIO103

Data SHP Gratis Sebaran Titik Hotspot Indonesia Lengkap

Data SHP Gratis Sebaran Titik Hotspot Indonesia Lengkap
3/01/2020

Data Shapefile Sebaran Titik Hotspot Lengkap Seluruh Indonesia

Data SHP Gratis Sebaran Titik Hotspot Indonesia Lengkap
Salam Lapak GIS, sudah 2 minggu lebih mimin tidak pos artikel lagi karena sangat disibukkan dengan kerjaan di dunia nyata sehingga baru sempat update hari ini lagi. Pada hari ini pun disempatkan walau hanya satu artikel dan semoga ini bermanfaat.

Pada waktu yang berharga ini mimin akan mengangkat topik tentang Shapefile (SHP) lagi karena memang sudah lama sekali Lapak GIS tidak berbagi shp lagi, terakhir dari database website ini sekitar bulan desember 2019, setelahnya itu mimin disibukkan dengan tema tutorial.

Baiklah tema data shapefile yang akan mimin bagikan secara gratis ini adalah Sebaran Titik Hotspot yang ada di Indonesia. Dari LAPAN Indonesia, Hotspot merupakan daerah yang memiliki suhu permukaan relatif lebih tinggi dibandingkan daerah di sekitarnya berdasarkan ambang batas suhu tertentu yang terpantau oleh satelit penginderaan jauh. Tipologinya adalah titik dan dihitung sebagai jumlah bukan suatu luasan, ingat ya teman-teman.


Biasanya data ini digunakan sebagai indikator kebakaran lahan dan hutan di suatu wilayah, sehingga semakin banyak titik hotspot semakin banyak pula potensi kejadian kebakaran lahan di suatu wilayah.

Mimin Lapak GIS tegaskan disini adalah terkait dengan koordinat hotspot. Koordinat lokasi hotspot yang diekstraksi dari data satelit tidak selalu tepat dengan koordinat lokasi di lapangan, karena posisi koordinat lokasi hotspot dari data satelit diekstrak pada posisi tengah piksel (lihat ilustrasi gambar diatas). Maka dari itu, jika ada kejadian kebakaran hutan di lapangan yang berada di lokasi pinggir piksel maka yang koordinat yang akan diekstrak oleh satelit adalah posisi tengah piksel.

Data Shapefile Sebaran Titik Hotspot ini menggunakan satelit penginderaan jauh untuk mendeteksi hotspotnya, berikut daftar satelitnnya:
  1. Terra/MODIS
  2. SNPP/VIIRS
  3. Aqua/MODIS
  4. Noaa 20
Lalu pertanyaannya adalah bagaimana cara membaca data ini? atau kalau dideskripsikan bagaimana kita tahu lokasi mana yang benar-benar terjadi kebakaran hutan dilapangan?

Caranya adalah melihat nilai Tingkat Kepercayaan (TK atau C). Tingkat kepercayaan (confidence level) menunjukkan tingkat kepercayaan kejadian kebakaran yang sebenarnya di lapangan. Semakin tinggi selang kepercayaan, maka semakin tinggi pula potensi bahwa hotspot tersebut adalah benar-benar kebakaran lahan atau hutan yang terjadi.

Hotspot sangat direkomendasikan untuk kegiatan deteksi dini adanya kebakaran lahan dan hutan karena merupakan indikator adanya kebakaran lahan/hutan di suatu wilayah. Saat ini, satu-satu alat yang paling efektif dalam mendeteksi kebakaran lahan dan hutan dalam wilayah luas adalah menggunakan satelit penginderaan jauh.

Sumber data SHP Sebaran Titik Hotspot Indonesia Lengkap mulai dari tahun 2014, 2015, 2016, 2017, 2018, 2019 ini berasal dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Tanpa panjang lebar lagi silahkan lihat preview datanya di bawah ini.

PREVIEW DATA

Data SHP Gratis Sebaran Titik Hotspot Indonesia Lengkap

Data SHP Gratis Sebaran Titik Hotspot Indonesia Lengkap

Data SHP Gratis Sebaran Titik Hotspot Indonesia Lengkap

Sebaran Titik Hotspot Indonesia Lengkap
Via Google Drive [200 MB]

NOTE (WAJIB DIBACA):
Free... But Not Free! Bingungkan? Bagi teman-teman yang ingin mendapatkan password data shapefile (SHP) di website ini, cukup dengan melakukan point di bawah ini.

1. Bantu Like Fanspage dan Follow Instagram kami;
2. Bantu beri ulasan jasa kami di Google Bisnis;
3. Bantu dukung channel tutorial kami di Youtube.

Jika point diatas sudah dilakukan, silahkan kirim bukti screenshoot melalui Contact Form/Whatsapp. Kami akan berikan passwordnya gratis alias free. Kami akan berikan passwordnya GRATIS alias free, tidak hanya password di artikel ini saja tapi seluruh password SHP gratis di website Lapak GIS (Bundel password SHP gratis).

Terlalu ribet ya untuk mendapatkan data shp di Lapak GIS? alasannya supaya semakin banyak orang yang tahu akan keberadaan webiste ini dan bagi admin meluangkan waktu untuk share artikel juga tidak memerlukan waktu yang banyak dibanding harus membuat sebuah artikel, menyiapkan data dan segala macamnya...hehehe. Jadi keep spirit ya, tidak ada yang didapat secara instan.

Baca Juga:
1. Kumpulan data SHP Peta Tematik Seluruh Indonesia
2. Bundel Data Shapefile (SHP) RBI Provinsi Jawa Timur Gratis

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Titik Hotspot Seluruh Indonesia. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.
Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774