BLANTERVIO103

Format Ekspresi Field Calculator pada ArcGIS

Format Ekspresi Field Calculator pada ArcGIS
2/16/2020

Format Ekspresi Field Calculator pada ArcGIS + Video Tutorial

Format Ekspresi Field Calculator pada ArcGIS
Akhirnya disela-sela kesibukan yang padat mimin sempatkan untuk menulis artikel diwebsite ini. Jika tidak ada update dalam satu minggu itu rasanya ada yang kurang, semoga mimin tetap terus kokoh pada prinsip ini. Baiklah, untuk artikel ini masih dengan tema tutorial yaitu tipe-tipe Format Ekspresi Field Calculator pada tabel atribut ArcGIS.

Prinsip tentang pemakaian field calculator sangat wajib teman-teman ketahui sehingga nanti bisa mengekspresikan data yang tepat pada orang lain. Selain itu dengan menguasai hal ini kita akan lebih mudah dalam pengelolaan data tabel nantinya seperti operasi matematikan, string (teks) dan tanggal. Oleh karena itu alangkah lebih baiknya nanti setelah membaca tutorial ini langsung dicoba satu per satu untuk melihat hasil riil pada field.

Field calculator adalah fungsi yang paling sering digunakan untuk melakukan manipulasi (edit dan update) tabel atribut. Field calculator sering dilakukan pada tabel atribut untuk keperluan:
  1. Update field secara cepat; Update field dapat dilakukan dengan satu per satu mengedit atribut pada tabel atribut. Namun cara tersebut sangat tidak efisien untuk nilai-nilai yang bersifat sistematis. Sebagai alternatif, teman-teman dapat menqunakan field calculator dan menggunakan fungsi-fungsi yang tersedia sehingga pekerjaan update field menjadi jauh lebih efisien.
  2. Menggabungkan atribut dari field lain; Suatu field mungkin merupakan gabungan field lain. Untuk melakukan penggabungan tersebut yang paling efektif adalah dengan menggunakan field calculator
  3. Mengubah nama dan tipe field. ArcMap tidak memperkenankan mengganti nama dan tipe field. Untuk melakukan hal tersebut, pengguna dapat membuat field baru, kemudian atribut dari field lama dipindah ke field baru, dan selanjutnya field lama dihapus. Memindah atribut dari field lama ke field baru dilakukan dengan field calculator. 
Format Ekspresi Field Calculator pada ArcGIS







Beberapa contoh format ekspresi Field Calculator dapat dilihat seperti pada tabel Excel yang sudah mimin siapkan. Silahkan di unduh untuk latihan


VIDEO TUTORIAL

Baca Juga:
1. Pengaturan Pembuatan Legenda Peta pada ArcGIS
2. Cara Membuat Grid LU/LS atau BT pada ArcGIS

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Format Ekspresi Field Calculator pada ArcGIS. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.
Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774