BLANTERVIO103

Cara Konversi data SHP ke Google Earth KML

Cara Konversi data SHP ke Google Earth KML
4/08/2020


Bagaimana Menampilkan Data Shapefile di Google Earth KML/KMZ

Untuk mendukung pekerjaan ada kalanya kita membutuhkan format data yang lebih akurat dan dapat dipercaya, tapi bagaimana caranya? Salah satu caranya adalah mengoverlaykannya dengan citra satelit. Namun untuk saat ini citra satelit yang paling update serta gratis adalah google earth, maka dari itu mimin lapak gis akan membantu teman-teman bagaimana caranya kita merubah data shapefile (SHP) supaya bisa di buka dan overay dengan google earth.
Cara Konversi data SHP ke Google Earth KML

Tutorial ini bukan hanya sekedar konversi SHP ke KML/KMZ google earth tapi ada beberapa bagian penting supaya file yang dibuka nanti sedikit berseni (tidak hanya warna polos). Program yang akan kita gunakan nanti ada 3 jenis yaitu Arcgis, Global Mapper dan Google Earth tentunya. Baiklah tanpa memperpanjang penjelasannya, berikut tahap-tahap menampilkan data format shapefile di google earth.

1. Buka data shp pada Arcgis lalu pastikan hanya ada satu field (kolom) yang kita butuhkan untuk ditampilkan nantinya, yang tidak perlu dihapus saja.

Cara Konversi data SHP ke Google Earth KML

2. Buka software global mapper dan buka data shp yang sudah di edit di Arcgis tadi.
3. Klik kanan pada layer, pilih options
4. Klik tab Area Styles lalu pilih Apply Styling Based on Attibutte/Name Values
5. Lalu pada Attibutte/Name to base Style on silahkan teman-teman pilih field kunci yang akan di tampilkan nantinya yang artinya field yang kita buat pada program arcgis tadi.

6. Klik load Values
7. Pada Fill pattern pilih solid fill lalu klik OK dan Yes. Otomatis nilai-nilai yang ada pada field tersebut akan tersimbologi (warna) bisa juga dilakukan secara manual tapi akan membutuhkan waktu yang sangat lama jika mempunyai banyak nilai. Jika hanya beberapa saja lebih disesuaikan warnanya sesuai keinginan agar jelas perbedaannya, seperti untuk penutupan lahan lebih baik manual.

Cara Konversi data SHP ke Google Earth KML


8. Klik OK
9. Lakukan Export dengan memilih menu file > Export > Export VECTOR/LIDAR Format...
10. Pilih ekstensi KML/KMZ
11. Settingan yang penting diatur sebelumnya adalah transparansinya dan feature descriptionnya pilih "feature description, links, and attribute values".

Cara Konversi data SHP ke Google Earth KML


12. Klik OK Buka program google Earth lalu open file KML/KMZ tadi. Otomatis akan terwarnai setiap fiturnya dan mempunyai informasi attribute.

*NOTE: Pada data shapefile yang sedikit rumit nanti mungkin akan ada warna yang tidak tampil tapi bukan berarti tidak ada. Dia tetap ada namun tidak berwarna, cara ceknya dengan klik di fiturnya nanti akan muncul informasi attributenya.



Baca Juga:
1. Cara Input Koordinat dari Excel ke Arcgis (UTM-TM3-WGS84)
2. Tutorial Avenza Map untuk Pemetaan (Bahasa Indonesia) Lengkap

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Menampilkan Data Shapefile di Google Earth. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774