BLANTERVIO103

Cara Menghitung Persimpangan antar Polyline ArcGIS

Cara Menghitung Persimpangan antar Polyline ArcGIS
4/09/2020

Menghitung banyak persimpangan atau titik temu antara garis yang bersinggungan?

Cara Menghitung Persimpangan antar Polyline ArcGIS
Kerja Work From Home membuat mimin jadi tiap hari rilis artikelnya, semoga keadaan ini bisa cepat membaik tentunya dengan partisipasi kita semua. Baiklah untuk artikel ini mimin buat berdasarkan pertanyaan yang masuk ke kontak lapak gis, yang akhirnya baru sempat dibuat artikelnya sekarang. Pertanyaannya adalah bagaimana cara kita menghitung berapa banyak persimpangan antara polyline (contoh saja antara jalan raya dengan rel kereta api) atau dalam arti lain berapa banyak titik temu antara garis yang bersinggungan ?

Lumayan panjang ya pertanyaannya, tapi intinya tetap singkat. Solusi Menjawab pertanyaan tersebut adalah spatial join. Spatial join adalah menggabungkan dua tabel dengan menggunakan korelasi spasial di antara fitur dari masing-masing tabel. Spatial join dapat dilakukan meskipun tidak terdapat field kunci pada masing-masing tabel karena yang digunakan adalah korelasi spasial.

Sebagai contoh lainnya tabel X adalah data spasial administrasi hingga ke tingkat kelurahan. Namun pada data tersebut tidak terdapat nama kelurahan, hanya ada ID kelurahan saja. Sementara itu pada data spasial lain yaitu administrasi (point), terdapat nama kelurahan. Teman-teman dapat melakukan spatial join untuk menambahkan informasi nama kelurahan dari tabel administrasi point ke tabel X. Prinsip dari contoh ini bisa kita terapkan pada kasus ini.

Untuk melakukan spatial join dapat dilakukan sebagaimana langkah berikut.
  1. Buka project
  2. Terdapat layer Jalan dan Rel KAI
  3. Buka ArcToolbox, jalankan tool ArcToolbox\Analysis tools\Overlay\Spatial Join
  4. Pilih layer target adalah layer jalan
  5. Pilih join features (layer sumber) adalah layer Rel Kereta api
  6. Tentukan folder dan nama file output
  7. Tentukan tipe relasi, misalnya JOIN ONE_TO_MANY
  8. Pilih kriteria spasial match option untuk menghubungkan satu fitur/entri pada suatu tabel ke tabel yang lain. Secara default yang digunakan adalah INTERSECT.
  9. Klik OK untuk menjalankan tool
  10. Hasilnya adalah field dari layer jalan akan bergabung dengan field lain dari layer kareta api.
  11. Untuk mengetahui titik temu antara garis yang bersinggungan atau persimpangannya adalah dengan melihat angka satu (1) pada field Joint Count.
Cara Menghitung Persimpangan antar Polyline ArcGIS

VIDEO TUTORIAL


Baca Juga:
1. Cara Konversi data SHP ke Google Earth KML
2. Cara Input Koordinat dari Excel ke Arcgis (UTM-TM3-WGS84)

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang menghitung persimpangan antar polyline. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.
Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774