BLANTERVIO103

Tutorial Avenza Map untuk Pemetaan (Bahasa Indonesia) Lengkap

Tutorial Avenza Map untuk Pemetaan (Bahasa Indonesia) Lengkap
4/03/2020


Cara menggunakan Avenza Map untuk kegiatan survey dan pemetaan Indonesia

Tutorial Avenza Map untuk Survei (Bahasa Indonesia) Lengkap
Smartphone sudah tidak bisa kita remehkan lagi dalam penggunaan survei saat ini karena semakin hari semakin banyak aplikasi pemeetaan yang bermunculan sehingga penggunaannya dilapangan juga semakin meningkat dan tentunya bisa didapatkan secara gratis pada store masing-masing perangkat smartphone.

Salah satu aplikasi yang menurut mimin sangat simpel namun multiguna adalah avenza map. Bagi para surveyor pasti sudah kenal dengan aplikasi yang satu ini. Avenza Maps memiliki keunggulan dari aplikasi pemetaan lainnya yaitu dapat digunakan secara offline (hebat bukan bisa offline jadi tidak menghabiskan kuota, hehehe...) dan membolehkan kita mengkustomisasi peta kita sendiri dalam bentuk PDF serta membangun skema atribut data sehingga informasi yang dapat dikumpulkan tidak terbatas. 

Yups dalam bentuk PDF, keren bukan? jadi nanti teman-teman bisa membuat peta sendiri diatas lapisan peta PDF yang sudah dibuat, tentunya peta PDF tersebut sudah tergeorefenrensi. Format yang di support oleh avenza maps versi free hanya PDF dan KML/KMZ. Namun demikian hal ini sudah lebih dari cukup karena dengan format KML saja kita sudah bisa melihat isi attribute. Untuk format GPX dan SHP hanya support untuk avenza maps versi upgrade (berbayar).


Pada Avenza map memiliki fitur-fitur dasar seperti:
  1. menandai tempat,
  2. menuju ke koordinat tertentu,
  3. tracking,
  4. membuat attirubute pada data lapangan,
  5. menambahakan foto dalam lokasi yang di tandai (pakai kamera smartphone saja),
  6. Menampilkan koordinat saat ini
  7. Eksport peta, dll
Pada tutorial ini mimin akan jelaskan melalui video mulai dari pembuatan file PDF sehingga bisa di baca pada aplikasi avenza map nya sampai ke tahap memasukkan foto pada lokasi yang di tandai. Silahkan lihat video berikut:


Baca Juga:
1. Cara Membuat Grid LU/LS atau BT pada ArcGIS
2. Pengaturan Pembuatan Legenda Peta pada ArcGIS

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang penggunaan Avenza Map untuk kegiatan survey dan pemetaan. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774