BLANTERVIO103

Berbagi Project Peta tanpa Software ArcGIS untuk Membukanya

Berbagi Project Peta tanpa Software ArcGIS untuk Membukanya
5/28/2020


Cara berbagi project peta tanpa memerlukan software ArcGIS untuk membukanya.

Berbagi Project Peta tanpa Software ArcGIS (Membuat file Arcreader) Banyak dari kita masih berpikir panjang jika harus membagikan data secara mentah-mentah kepada rekan kerja (client kita) atau juga ingin memproteksi data tersebut agar tidak digunakan oleh sembarang orang. Maka dari itu pengetahuan tentang hal ini wajib untuk teman-teman ketahui.

Distribusi atau berbagi data ini berbeda dengan Map Package (MPK), karena jika menggunakan fitur tersebut Map Package wajib harus dibuka dengan Software Arcgis yang artinya pada device tujuan harus terinstall arcgis desktop juga, selain itu data mentahan masih bisa diexport jika menggunakan metode MPK ini.

Dengan fitur ini kita bisa berbagi project tanpa memerlukan software ArcGIS untuk membukanya, bisa memproteksi data dengan password sehingga hanya orang tertentu yang bisa membukanya bahkan bisa membatasi masa berlaku file yang artinya file tidak akan bisa dibukan jika masa aktif sudah melewati waktu yang ditentukan? lalu fitur apa yang bisa melakukan semua itu ....? 

Jawabannya adalah Publisher. Sebenarnya fitur untuk hal ini sudah disiapkan secara default oleh ArcGIS hanya saja kita yang tidak tahu dan jarang yang memakainya.

Publisher adalah ekstensi ArcGIS Desktop yang dapat digunakan untuk mendistribusikan project ArcMap. Kelebihan dari Publisher dibandingkan dengan skema pengarsipan/distribusi lainnya adalah tidak diperlukannya software ArcGIS untuk membukanya. Pada komputer tujuan, cukup diinstal software ArcReader yang gratis.

Misalnya, teman-teman mengerjakan project dengan ArcMap, selanjutnya membuat paket distribusi project dengan ekstensi Publisher pada ArcMap. Paket distribusi dapat didistribusikan ke pihak lain yang dituju dengan dilengkapi installer ArcReader. Sehingga client/pihak tujuan yang mungkin tidak memiliki kapasitas untuk mengoperasikan ArcMap (Laptop jadul misalnya) cukup menggunakan ArcReader yang jauh lebih mudah.

Kelebihan ArcReader untuk distribusi / berbagi peta dibandingkan dengan ArcMap adalah:
  1. ArcReader gratis dan dapat digunakan secara bebas
  2. ArcReader sesuai dengan fungsinya sebagai pembuka project, tanpa kemampuan analisis dan pengelolaan data
  3. ArcReader ringan sehingga dapat digunakan pada komputer dengan spesifikasi rendah
  4. Menggunakan ArcReader tidak memerlukan skill yang tinggi
Distribusi dengan publisher dapat diterapkan untuk berbagi project dengan para pengambil keputusan. Pada komputer si bos cukup diinstal ArcReader. Project yang akan dibagi ke si bos tidak perlu dalam bentuk project ArcMap, tetapi cukup dalam distribusi publisher.

Pengaturan Publisher untuk berbagi project peta

Sebelum melakukan publikasi peta dengan menggunakan ekstensi Publisher, teman-teman harus melakukan pengaturan pada Publisher settings yang dapat dilakukan seperti pada langkah-langkah berikut.
1. Aktifican ekstensi publisher (lihat halaman 140 untuk mengaktifkan ekstensi)
2. Aktifkan toolbar publisher (lihat halaman 66 untuk mengaktifkan toolbar)
3. Klik pada menu Publisher > Settings

Berbagi Project Peta tanpa Software ArcGIS (Membuat file Arcreader)

4. Terdapat beberapa tab, yaitu Contents, Functionality, Security, Application, ArcReader dan Other

5. Tab Contents mengatur layer apa saja yang diikutsertakan serta view apa yang disertakan dalam publisher. Kita juga dapat membatasi layer yang aktif saja sehingga tidak semua layer turut di-publish. Selain itu dapat juga mengatur hanya data view saja, layout view saja atau keduanya yang turut di-publish.

6. Tab Functionality mengatur fungsi-fungsi apa yang akan disertakan dalam paket publikasi. Beberapa fungsi yang dianggap tidak perlu dapat di-nonaktif-kan seperti tidak bisa print, tidak bisa melakukan pencarian, dan sebagainya.

7. Tab Security memungkinkan kita memberikan password untuk membuka paket publikasi sehingga hanya orang tertentu saja yang dapat
membuka.

Berbagi Project Peta tanpa Software ArcGIS (Membuat file Arcreader)

8. Tab Application mengatur apakah paket publikasi hanya dapat dibuka oleh ArcReader atau dapat juga dibuka oleh software lain (misalnya ArcMap). Jika ingin menjaga kerahasiaan data, tentu saja membatasi hanya dengan ArcReader saja merupakan pilihan yang baik.

9. Tab ArcReader memungkinkan pengguna menggunakan template yang sudah disediakan.

10. Tab Other memungkinkan untuk membatasi masa berlaku. Paket publikasi tidak dapat dibuka setelah masa berlaku habis.

11. Klik OK untuk konfirmasi pengaturan Publisher settings

Cara Publikasi Peta untuk dibagikan

Publish map adalah menu untuk mempublikasikan project peta dengan publisher. Project ArcMap (MXD) disimpan mcnjadi format Published Map Document.
1. Klik pada menu Publisher
2. Pilih Publish Map

Berbagi Project Peta tanpa Software ArcGIS (Membuat file Arcreader)

3. Tentukan folder dan nama file tempat file PMF akan dibuat. Sebaiknya gunakan folder yang kosong atau sub-folder baru di dalam folder project

4. Klik Save untuk menjalankan perintah publish map

Sampai pada tahapan ini sudah dibuat suatu file publisher dengan ektensi .pmf. File tersebut dapat dibuka tetapi belum dapat didistribusikan karena data yang menyertainya belum dijadikan paket data (dibahas pada penjelasan dibawah).

Pembuatan paket data project

Membuat paket data (data package) dilakukan terhadap file PMF yang sudah dibuat pada penjesalan diatas. Paket data sangat penting untuk dibuat agar project yang telah dikonversi menjadi format PMF dapat dibuka pada komputer lain. Tahapan pembuatan paket data.
1. Klik pada menu Publisher
2. Pilih Create data package

Berbagi Project Peta tanpa Software ArcGIS (Membuat file Arcreader)

3. Tentukan file PMF yang akan dibuat paket datanya, Klik Open

4. Pada tab General, tentukan folder kosong yang akan dijadikan tempat paket data (Ingat gunakan folder kosong / sub-folder baru)

5. Tentukan format data. Jika data tidak ingin digunakan oleh aplikasi lain, maka pilih compressed and locked file geodatabase

6. Pada tab Extent, tentukan apakah data vektor dan data raster (jika ada) yang terdapat pada TOC akan dipotong oleh data frame atau tidak.

7. Klik OK untuk menjalankan pembuatan paket data

Berbagi Project Peta tanpa Software ArcGIS (Membuat file Arcreader)

Pembuatan paket data dari sebuah file PMF akan menghasilkan file PMF baru dan data dalam format geodatabase dalam satu folder seperti. Folder publisher beserta sub-folder dan isinya dapat dijadikan satu file kompresi (ZIP, TAR, dsb) dan didistribusikan atau dibagikan.

Cara membuka published map dengan Arcreader

Untuk dapat membuka peta yang telah dipublikasikan dengan publisher diperlukan software ArcReader yang dapat diperoleh dari website ESRI secara gratis pada laman web ESRI.


Video Tutorial

Baca Juga:
1. Seni Pemetaan Membuat Hillshade (Relief) pada Arcgis
2. Cara Merubah Ukuran Kertas Layout Tanpa Merusak Elemen Peta

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Berbagi Project Peta tanpa Software ArcGIS. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774