BLANTERVIO103

Parcel Fabric Membagi Persil Lahan Sama Besar pada ArcGIS

Parcel Fabric Membagi Persil Lahan Sama Besar pada ArcGIS
7/18/2020


Cara Membuat parcel fabric pada ArcGIS

Parcel Fabric Membagi Persil Lahan Sama Besar pada ArcGIS
Parcel fabric adalah salah sate dan tipe fitur (data vektor) di dalam format geodatabase. Dengan demikian, untuk membuat persil, harus terlebih dahulu dibuat feature dataset. Selanjutnya, persil (parcel fabric) dibuat di dalam feature dataset tersebut.

Untuk membuat fitur persil (parcel fabric) dapat dilakukan sebagaimana langkah berikut.
  1. Buat geodatabase, Jika yang belum tahu caranya silahkan ke Desain, Tipe dan Tahap membuat Geodatabase pada Arcgis.
  2. Buat feature dataset di dalam geodatabase
  3. Klik kanan di atas feature dataset (di dalam sebuah geodatabase)
  4. Pilih New
  5. Pilih Parcel Fabric
  6. Isikan nama dari parcel fabric, pilih Next
  7. Tentukan konfigurasi penyimpanan. Pilih saja NO (default)
  8. Tentukan apakah Information Model akan diaktifkan? Pilih saja No
  9. Klik Finish untuk membuat parcel fabric
Parcel fabric yang dibuat terdiri dari bebcrapa tipe fitur (titik, line dan polygon) yang menjadi satu  kesatuan. Sehingga jika parcel fabric ditambahkan ke dalam TOC ArcMap akan tampil sebagai satu layer.

Parcel Fabric Membagi Persil Lahan Sama Luas pada ArcGIS

Penggunaan parcel editor

Land parcel data model adalah data model untuk membantu teman-teman mengelola persil lahan menggunakan ArcGIS. Adopsi dari land parcel data model dengan parcel fabric di ArcGIS adalah untuk menutupi kekurangan ArcGIS dalam menangani input, pengolahan dan penyajian data survey mikro yang membutuhkan akurasi dan integritas data yang tinggi. Bidang aplikasi yang selama ini didominasi dan menjadi keunggulan software CAD (seperti AutoCAD) sudah mulai diakomodasi oleh software GIS (ArcGIS).

Parcel (persil) adalah salah satu tipe geodatabase yang digunakan untuk menyimpan data vektor. Fitur-fitur seperti area, line, point, dan lainnya yang berhubungan dengan aplikasi persil menjadi satu kesatuan sehingga memudahkan editing dan pengelolaannya. Integritas data seperti topology lintas fitur sangat mu untuk dijaga. ArcGIS menyediakan toolbar parcel editor yang dapat digunakan untuk mengelola data persil sebagaimana gambar berikut.

Parcel Fabric Membagi Persil Lahan Sama Luas pada ArcGIS

Keterangan:
  1. Menu parcel editor; Menampilkan menu •dan tool seperti memulai, menyimpan dan berhenti editing, parcel workflows, adjustment, dan sebagainya.
  2. Select parcel features; Memilih persil (atau kelompok persil). Gunakan Klik-kanan untuk mengakses perintah-perintah yang umum digunakan
  3. New parcel; Menampilkan kotak parcel details yang dapat digunakan untuk menambahkan persil barn
  4. Maintain control points; Menampilkan dialog control untuk menambahkan, menghapus, dan menjalankan titik kontrol
  5. Match Control Point; Membuka dialog control untuk menghubungkan control points dengan points pada parcel fabric
  6. Create Connection; Membuka dialog create connection line yang digunakan untuk membuat garis penghubung antara dua titik persil terpilih. Garispenghubung digunakan untuk menghubungkan persil yang terpisah sehingga menjadi satu kelompok dalam adjustment
  7. Mean Points;Menampilkan crosshair untuk membuat kotak sekeliling persil, untuk menggabungkannya menjadi satu titik.
  8. Add Line Point; Menampilkan dialog Add line point yang digunakan untuk menambahkan line points ke parcel points.
  9. Delete Line Point; Menampilkan dialog Delete line point yang digunakan untuk menghapus line point yang tcrsedia
  10. Parcel Details; Menampilkan dialog parcel detailsyang dapat digunakan untuk membuat persil baru atau melihat properti persil terpilih
  11. Parcel Explorer; Menampilkan jendela Parcel explorer yang memuat persil terpilih. Daftar persil yang terpisah dan belum tersimpan juga ditampilkan
  12. Point Report; Menampilkan dialog Point report yang digunakan untuk menampilkan informasi geornetri dari point-point di dalam parcel fabric
  13. Name Parcels; Menampilkan crosshair untuk membuat garis pada persil berurutan untuk membuat nama berurutan. Klik-ganda untuk berhenti menamai persil.
  14. Annotate Parcel Courses; Membuka dialog Annotate selected features yang-digunakan untuk membuat anotasi dari persil terpilih.
  15. Transform Parcels; Menampilkan toolbar Transformation Parcels yang digunakan untuk transformasi dan memindah persil terpilih.

Membagi polygon sama luas dengan Parcel Fabric

Parcel fabric dan toolbar parcel editor telah menambahkan kemampuan perencanaan lahan ke dalam ArcGIS Desktop. Salah satu contoh kemampilan dari parcel editor adalah membagi lahan (polygon) sama luas. Pada Skenario Semisal polygon (14.040,75 m3) akan kita bagi menjadi 14 persil, dengan terlebih dahulu membuat partisi vertikal (utara-selatan) sehingga menjadi dua blok, selanjutnya setiap blok dibagi menjadi 7 bagian dan garis pembagi horizontal (barat-timur), maka dilakukan divisi secara bertahap (a) bidang lahan dibagi dua arah utara-selatan dan (b) setiap bidang hasil dibagi tersebut dibagi kembali arah barat-timur menjadi 7 bagian seperti pada video tutorial dibawah ini.

Parcel Fabric Membagi Persil Lahan Sama Luas pada ArcGIS

VIDEO TUTORIAL

CATATAN:
Membagi polygon sama luas dengan parcel fabric seringkali menghasilkan error. Sumber error biasanya adalah data tidak dalam sistem koordinat planar (misalnya UTM) melainkan masih dalam GCS, terdapat kesalahan pembuatan topology, atau garis yang dibuat untuk memotong polygon menghasilkan multi-fitur.

Baca Juga:
1. Cara Menyajikan Data Spasial secara Time Series
2. Cara Membuat Berbagai Mode Tampilan Batimetri

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Membagi luas lahan sama besar dengan Parcel Fabric. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774