BLANTERVIO103

Cara Menyajikan Data Spasial secara Time Series

Cara Menyajikan Data Spasial secara Time Series
6/20/2020


Membuat dan menampilkan data peta secara time series pada ArcGIS

Cara Menyajikan Data Spasial secara Time Series

Time series digunakan untuk menyajikan data spasial dalam urutan waktu yang artinya sangat baik ditampilkan untuk layer yang memiliki keterkaitan dengan waktu, sebagai contoh adalah data kebakaran hutan dan lahan (hotspot/firespot). Dengan menampilkan time series, dimensi waktu pada data spasial dapat dengan mudah ditampilkan. 

Fitur ini juga sangat cocok ketika kita ingin melakukan presentasi kepada orang sehingga lebih mudah dalam memvisualisasikan perubahan setiap waktunya. Untuk melakukan time series dapat dilakukan seperti dengan langkah-langkah berikut.


Persiapan time series pada ArcGIS

Pengaturan time series dapat dilakukan sepanjang terdapat layer yang mendukung time series. Silahkan lakukan langkah berikut ini untuk melihat project yang sudah mimin siapkan.

1. Buka file latihan (ada dibawah artikel ya) pada project baru. Nanti akan ada satu layer dengan nama belitung_fire adalah kebakaran lahan yang termonitor oleh satellite MODIS dari tahun 2001 s/d 2013.

2. Untuk melakukan time series, harus terdapat layer yang berisi field tanggal/waktu. Buka tabel dari layer belitung_fire. Informasi mengenai tanggal terdapat pada Field ACQ DATE sebagaimana tampak pada Gambar dibawah ini.

Cara Menyajikan Data Spasial secara Time Series


Mengatur temporal pada layer

Untuk melakukan pengaturan temporal pada layer dapat dilakukan seperti pada langkah berikut.

  1. Masih pada project yg sama pada contoh sebelumnya.
  2. Buka Layer properties dari layer belitungfire
  3. Pilih tab Time
  4. Aktifikan Enable time on this layer
  5. Pilih Each feature has a single time field, sesuai dengan kondisi layer belitung fire
  6. Tentukan Field ACQ DATE
  7. Klik pada Calculate untuk menghitung Time step interval yang optimal, misalnya 2 months. Pengaturan ini berarti majunya time slider adalah setiap 2 bulan.
  8. Jika diperlukan, Time zone dapat disesuaikan. Namun karena belitung_fire hanya diambil tanggalnya saja, pengaturan Time zone tidak berpengaruh.
  9. Kumulatif dapat dimatikan. Untuk kasus tertentu, mungkin Kumulatif dapat diaktifikan, misalnya untuk memetakan kasus criminal, pergerakan satwa, dan sebagainya.
  10. Klik OK untuk konfirmasi.

Pengaturan time series pada tab Time

Jika ada salah satu layer telah diaktifican pengaturan Time pada Layer properties, maka ikon Time slider pada toolbar Tools akan aktif seperti pada gambar berikut.

Tool time slider yang belum aktif dan sudah aktif

Jika ikon time slider pada toolbar Tools seperti pada gambar di atas sudah aktif, Klik pada ikon tersebut untuk menampilkan time slider. Penggunaan time slider akan kita bahan dibawah ini.


Pengaturan time slider pada ArcGIS

Time slider berfungsi menampilkan animasi temporal terhadap layer yang variabel temporalnya sudah diaktiikan. Untuk menggunakan Time slider dapat dilakukan langkah berikut.

  1. Tampilkan Time slider dengan Klik mda icon time slider pada toolbar Tools.
  2. Klik pada Slider option yang berada pada jendela Time slider.

    Cara Menyajikan Data Spasial secara Time Series

  3. Pilih tab Time display
  4. Pilih Time Zone, jika data yang pengguna gunakan memiliki informasi jam, tidak cuma tanggal.
  5. Pilih time step interval, misalnya 2 bulan. Pengaturan ini berarti perpindahan time series pada time slider adalah setiap 2 bulan.
  6. Pilih time window, misalnya 4 bulan.
  7. Pengaturan Time step interval dan Time window tersebut berarti bahwa rentang pembacaan data adalah dalam interval 4 bulan. Misalnya pada frame sekarang ditampilkan data Jan - April 2012, frame selanjutnya menampilkan data Maret - June 2012, dan seterusnya.
  8. Atur Display data format. Karena pengaturan Time step dan Time window dalam rentang bulan, maka sebaiknya tanggal ditampilkan hanya bulan dan tahun saja.
  9. Untuk pengaturan Display time format dikosongkan karena format temporal adalah tanggal, tidak berbasis jam. 

    Pengaturan time slider

  10. Pilih tab Playback
  11. Aktifkan Display data for each timestamp jika ingin informasi tanggal tampil di layar.
  12. Pilih tab Other
  13. Atur transparansi dari Time slider. Ini sangat berfungsi jika layar yang digunakan terbatas atau sedang presentasi menggunakan projector sehingga time slider tidak terlalu menutupi data view.
  14. Klik OK untuk konfirmasi

Penggunaan time slider di ArcGIS

Time slider digunakan untuk menampilkan simulasi time series dalam bentuk seperti video atau animasi. Untuk menggunakan Time slider pengguna harus mengetahui bagian-bagian dari time slider sebagai berikut.

Cara Menyajikan Data Spasial secara Time Series


  1. Slider; Tarik Slider ke segmen waktu yang ingin ditampilkan. Slider dapat digerakkan maju maupun mundur.
  2. Play; Klik pada Play maka simulasi akan berjalan linear dari awal ke akhir segmen waktu.
  3. Video; teman-teman dapat mengekspor time series ke format Video. Contoh video yang dihasilkan dapat dilihat pada video dibawah ini.
Video Tutorial

Baca Juga:

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Cara Menampilkan Data Spasial secara Time Series. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.


Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774