BLANTERVIO103

Aplikasi Mobile Full Fitur untuk Survey Pemetaan

Aplikasi Mobile Full Fitur untuk Survey Pemetaan
8/22/2020


Aplikasi Mobile Survey Pemetaan bisa Input-Export Shapefile

Aplikasi Mobile Full Fitur untuk Survey Pemetaan
Sebelumnya Lapak GIS sudah pernah sharing tentang sebuah aplikasi mobile untuk Survey Pemetaan yaitu Avenza Map namun kali ini kita akan membahas sebuah aplikasi lain yang tidak kalah menariknya juga.

Tapi memang setiap aplikasi punya kelebihan dan kekurangan masing-masing jadi kita harus teliti dalam memilihnya dengan pertimbangan bahwa menu-menu di aplikasi tersebut bisa menjawab kebutuhan teman-teman dan sesuai dengan spesifikasi smartphone juga.

Aplikasi yang akan kita bahas adalah SW Maps. Cukup dengan mendownload lewat Playstore kita bisa memakai apps ini. Aplikasi survey SW Maps ini secara umum sama saja dengan yang lainnya yaitu dengan fiturnya seperti mampu merekam waypoint, track, dan route bahkan bisa mengambil foto dengan koordinat peta (geo tagging).

Bagi teman-teman yang sudah melihat artikel Lapak GIS yang membahas avenza map tentunya ada beberapa kekurangannya yaitu tidak bisa input data Shapefile untuk versi free nya (hanya ada untuk versi pro). Berbeda dengan SW Maps ini kita bisa menyimpan, mengelola, dan menampilkan data shapefile tanpa harus upgrade versi (free). Kita juga bisa menggambar secara manual fitur (layer) titik, poligon, dan garis langsung di layar smartphone cukup lalu mengexportnya kembali ke format shapefile.

Pada shapefile yang sudah kita buat/input di SW Map bisa diatur visualnya seperti warna simbol berdasarkan kategori, dilabeli, tambah dan delete data atribut, identify atributnya, dan sebagainya. Sementara untuk background map bisa kita bisa menggunakan peta online semacam google street, terrain, osm, dan sebagainya.

Selain mendukung format shapefile SW Maps juga mendukung format GeoPackage, GeoJSON, KML, Online Tiles, keren bukan...? Namun dari itu semua yang mimin suka adalah kemampuannya dalam mengelola data berupa shapefile.

Aplikasi Mobile Full Fitur untuk Survey Pemetaan

Untuk cara-cara penggunaan dari aplikasi Mobile Full Fitur (SW Map) untuk Survey Pemetaan mulai dari input datanya seperti apa, mengelolanya sampai bisa di export untuk diolah lebih lanjut, bisa dilihat pada video dibawah ini.



Baca Juga:
1. Daftar kumpulan data shapefile (SHP) berbagai tema.
2. Peta Cetak Digital Indonesia Berbagai Tema

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Aplikasi Mobile Full Fitur untuk Survey Pemetaan. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774