BLANTERVIO103

Data SHP Sistem Lahan Indonesia Terbaru

Data SHP Sistem Lahan Indonesia Terbaru
8/21/2020


Data SHP (Shapefile) Sistem Lahan Nasional Indonesia Terbaru 2018

Data SHP Sistem Lahan Indonesia Terbaru
Sistem lahan secara garis besar adalah sistem dari suatu tutupan lahan yang jika kita jabarkan lebih luas lagi merupakan suatu informasi yang disusun berdasarkan faktor/kelompok geologi dan proses pembentukannya beserta pengaruh iklim yang ada diatasnya, sehingga nantinya menghasilkan suatu unit lahan yang mempunyai parameter iklim, geologi, tanah, topografi yang dianggap sama(homogen) sehingga keseluruhan faktor yang menyusun unit tersebut memberi pengarah yang sama terhadap pertumbuhan organisme yang ada di atasnya.

Intinya adalah pembagian bentang alam yang secara hirarki dikelompokkan berdasarkan kesamaan karakteristik.

Seperti yang kita ketahui bersama di Indonesia sendiri sistem lahan banyak dikenal dengan peta RePPProT (Regional Physical Planning Program for Transmigration 1984 – 1990), yang intinya dari program tersebut adalah dalam rangka menunjang pengembangan transmigrasi. Peta sistem lahan ini cocok untuk survei tingkat tinjau.

Itulah sekilas pemahaman tentang apa itu sistem lahan (land system). Berikutnya kita akan membahas Data SHP (Shapefile) Sistem Lahan. Data SHP ini merupakan hasil seamless pada tahun 2018 yang artinya ini adalah data update atau terbaru dari data yang sebelumnya pada skala 1:250.000 (skala tinjau). Untuk mengetahui informasi apa saja yang di perbaharui atau disempurnakan, berikut isi attribute dari data SHP Sistem Lahan Indonesia Terbaru 2018:
  1. Kode klasifikasi Sistem Lahan
  2. Nama Satuan Lahan (Kepanjangan dari Kode klasifikasi Sistem Lahan)
  3. Tipe atau bentuk lahan
  4. Litologi atau singkapan batuan berdasarkan karakteristik dengan kategori Vulkanik, Plutonik, Malihan, Sedimen, Tercampur
  5. Hujan Tahunan
  6. Kelembapan
  7. Tanah Dominan
  8. Kedalaman Gambut
  9. Kemiringan lereng (terrain) dengan klasifikasi Datar (Flat), Berombak/Bergelombang lemah (Undulating), Bergelombang kuat (Rolling), Berbukit rendah (Hillocky), Berbukit tinggi (Hilly), Bergunung-gunung (Mountainous)

Data SHP Sistem Lahan Indonesia Terbaru

Data SHP Sistem Lahan Indonesia Terbaru

Data SHP Sistem Lahan Indonesia Terbaru

Data SHP Sistem Lahan Indonesia Terbaru

Sama seperti sebelumnya yang sudah admin jelaskan Lapak GIS hanya akan mengkategorikan data itu premium berdasarkan sumber. Jika berminat untuk mendapatkan data format SHP Shapefile diatas, silahkan hubungi admin melalui Contact Form/Whatsapp. Jika tidak ada halangan dan kesibukan lainnya, admin akan langsung merespon pesan yang teman-teman kirimkan.

Baca Juga:
1. Daftar kumpulan data shapefile (SHP) berbagai tema.
2. Peta Cetak Digital Indonesia Berbagai Tema

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang SHP Sistem Lahan Indonesia Terbaru. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774