BLANTERVIO103

Membuat Simbologi Bar Vertikal Horizontal untuk Legenda Peta

Membuat Simbologi Bar Vertikal Horizontal untuk Legenda Peta
8/09/2020


Cara Membuat Bar Vertikal-Horizontal untuk Legenda Peta pada ArcGIS

Membuat Bar Vertikal Horizontal untuk Legenda Peta
Terima kasih untuk semua teman-teman yang masih mendukung Lapak GIS sehingga sampai saat ini masih konsisten membuat artikel di website ini. Sungguh hal yang diluar ekspetasi bisa sampai menjadi besar seperti saat ini. Mari terus dukung kami untuk terus menyajikan hal-hal yang bermanfaat.

Minggu ini mimin akan berbagi tutorial yang ringan saja karena pada minggu sebelumnya topiknya sedikit berat jadi mau santai dulu...hehehe. Mengingat waktu untuk menulis ini juga lumayan dan terus memikirkan ide apa lagi yang harus di sharing setiap minggunya. 

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara membuat sebuah Bar Vertikal Horizontal, itu loh yang ada di legenda peta. Mungkin teman-teman pernah melihatnya terutama sering kita jumpai pada peta ketinggian, kedalaman laut dll, nah di sana biasanya terdapat simbologi batangan dengan warna gradient yang mewakili nilai dari rendah ke tinggi (atau sebaliknya). Lalu apa fungsinya bar tersebut ? fungsinya selain untuk memperkaya tampilan juga untuk menghemat space (ruang) layout sehingga peta yang dibuat lebih interaktif, padat dan informatif.

Cara yang biasanya kita gunakan adalah insert legend, namun hal tersebut tidak akan bisa kita buat seperti pada contoh gambar dibawah ini. Karena jika hasil keluaran dan insert tersebut, bar nya tidak bisa disesuaikan, maksudnya ketika di adjusment maka bentuknya selalu proporsional. Bahkan jika konvert ke grafik pun tetap akan tidak bisa malah hasilnya akan lebih hancur.

Solusinya terpaksa kita harus membuat secara manual untuk bar yang mudah untuk di adjusment yaitu dengan menggunakan rectangle. Mimin disini hanya akan menjelaskan konsepnya saja, untuk tahap-tahapnya bisa dilhat pada video dibawah ya. Dengan mengcustom sebuah rectangle kita bisa mengatur tampilannya mulai dari warna, interval bar, persentase bar, dan arah (angle) bar nya. Menarik bukan...?

Untuk bagaimana cara kita membuat simbologi bar vertikan maupun horizontal dengan sangat mudah pada ArcGIS dapat mengikuti tahap-tahap pada berikut ini.

Membuat Bar Vertikal Horizontal untuk Legenda Peta

Video Tutorial


Baca Juga:
1. Cara Membuat Berbagai Mode Tampilan Batimetri
2. Cara Membuat Simbologi Peta pada Arcgis

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Cara Membuat Simbologi Bar Vertikal-Horizontal untuk Legenda Peta pada ArcGIS. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774