BLANTERVIO103

Data Shapefile (SHP) Ekosistem Terumbu Karang Indonesia

Data Shapefile (SHP) Ekosistem Terumbu Karang Indonesia
9/07/2020


Shapefile Terumbu Karang Wilayah Laut Indonesia

Data Shapefile (SHP) Ekosistem Terumbu Karang Indonesia
Pertama mari kita kenalan dulu sama yang namanya terumbu karang ini, apakah dia sejenis hewan? tumbuhan? atau benda mati (batu)...? karena dari beberapa orang termasuk mimin juga belum pernah lihat secara langsung dan beranggapan terumbu karang ini tidak hidup...hehehe.

Dikutip dari wikipedia dan beberapa sumber lainnya, terumbu karang adalah  ekosistem bawah laut yang terdiri dari sekelompok binatang karang yang melakukan simbiosis dengan sejenis tumbuhan (alga) yang membentuk struktur kalisum karbonat, semacam batu kapur. Jadi memang jika dibawa ke habitat yang tanpa ada airnya akan menjadi seperti batu.

Dari beberapa sumber yang mimin baca memang keberadaan terumbu karang ini sangat penting, kenapa...? karena ekosistem ini menjadi habitat hidup berbagai satwa laut mulai dari tempat pemijahan, peneluran dan pembesaran anak-anak ikan. Bayangkan jika terumbu karang ini tidak jaga dan dirawat dengan baik, kita tidak akan pernah melihat indahnya dunia bawah laut.

Proses terbentuknya pun sangat lama sekali bahkan sampai puluhan tahun karena memang ekosistem terumbu karang ini sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan. Maka dari itu mimin Lapak GIS berusaha menyediakan dimana saja ekosistem ini berada sehingga melakukan upaya preventif dan pelestarian.

Data SHP Ekosistem Terumbu Karang akan memberikan area mana saja di Indonesia yang terdapat ekosistem terumbu karang. Data ini merupakan hasil dari Mosaik citra satelit Landsat yang dilakukan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) bersama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Pada data ini ekosistemnya akan dibagi kedalam 6 Zona Kawasan Antar Wilayah Laut, diantaranya:
  1. Terumbu Karang Laut Jawa
  2. Terumbu Karang Laut Natuna
  3. Terumbu Karang Laut Sulawesi
  4. Terumbu Karang Selat Makassar
  5. Terumbu Karang Teluk Bone
  6. Terumbu Karang Teluk Tomini
Data ini dipubikasikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP) sehingga benar-benar dibawah kewenangan yang tepat untuk mengelolaa ekosistem tersebut. Jika teman-teman penasaran seperti apa gambaran dari Shapefile Terumbu Karang ini bisa lihat pada preview dibawah ini:

Data Shapefile (SHP) Ekosistem Terumbu Karang Indonesia

Data Shapefile (SHP) Ekosistem Terumbu Karang Indonesia

Data Shapefile (SHP) Ekosistem Terumbu Karang Indonesia

Data Shapefile (SHP) Ekosistem Terumbu Karang Indonesia

Sama seperti sebelumnya yang sudah admin jelaskan Lapak GIS hanya akan mengkategorikan data itu premium berdasarkan sumber. Jika berminat untuk mendapatkan data format SHP Shapefile diatas, silahkan hubungi admin melalui Contact Form/Whatsapp. Jika tidak ada halangan dan kesibukan lainnya, admin akan langsung merespon pesan yang teman-teman kirimkan.

Baca Juga:
1. Daftar kumpulan data shapefile (SHP) berbagai tema.
2. Peta Cetak Digital Indonesia Berbagai Tema

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang SHP Ekosistem Terumbu Karang Indonesia Terbaru. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774