BLANTERVIO103

Menambahkan Custom Web Tile (Basemap) pada ArcMap

Menambahkan Custom Web Tile (Basemap) pada ArcMap
10/17/2020


Menambahkan Custom Web Tile pada ArcMap (ArcGIS). Basemap Google Satellite, Google Maps, Google Hybrid, OpenStreetMap, Esri Imagery, dll.

Menambahkan Custom Web Tile (Basemap) pada ArcMap

Menambahkan Custom Web Tile atau basemap khusus pada ArcGIS sedikit memiliki keunikan tersendiri. Berbeda dengan QGIS yang memang menyediakan fitur untuk menambahkan webtile sehingga kita hanya perlu menambahkan URL tile layernya saja.

Pada ArcMap (ArcGIS) secara default sudah disediakan basemap berupa Esri Imagery/Satellite, Esri Streets, Esri Topo dan juga OSM juga ada. Namun untuk basemap dari Google Maps, Google Satellite, Google Satellite Hybrid tidak disediakan. Maka dari itu pada tutorial ini kita akan menjelaskan cara menambahkannya secara manual, cukup dengan 2 langkah saja.

Keuntungan menggunakan custom basemap ini, berdasarkan pendapat mimin adalah loading tilenya yang cukup cepat dibanding yang disediakan secara default, lalu tidak ada ukiran sumber tile pada saat mode layout, yang mana jika kita menggunakan basemap default maka ketika kita melakukan layouting akan tertera secara otomatis sumber tile dibagian layoutnya dan hal ini menutupi tampilan peta (tidak bisa di hapus).

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, untuk menambahkan basemap khusus di ArcMap (ArcGIS) memang sedikit lebih panjang, namun disini mimin Lapak GIS tidak akan menjelaskan cara yang panjang dan ribet tersebut. Nantinya teman-teman cukup melakukan 2 langkah saja yaitu Copy dan Paste. Mimin bercanda kah...? tidak, mimin tidak bercanda hanya bergurau, hehehe.

File khusus sudah mimin siapkan berupa ekstensi '.pkinfo', dengan file ini teman-teman bisa langsung copas layer tilenya ke project arcmapnya. Simpel bukan...? bagi yang penasaran seperti apa di balik pembuatannya, akan mimin uraikan secara singkap padat dan tepat.

Pada dasarnya jika kita ingin Menambahkan Custom Web Tile pada ArcMap maka satu-satunya pilihan adalah menyimpan layer tilenya di ArcGIS online dan kemudian melakukan opsi sharing. Nah, didalam arcgis online inilah semua URL tile khusus ditambahkan yang kemudian bisa kita buka di ArcMap (ArcGIS).

Melihat penjelasan diatas banyak prosedur yang harus dilakukan bukan...? tapi tidak usah kwatir karena mimin Lapak GIS sudah menyiapkan file (template) yang sudah siap langsung digunakan. Sehingga teman-teman bisa skip semua proses di atas, enak bukan...? hehehe...

  1. Silahkan unduh file khusus yang sudah disiapkan. Lalu buka file tersebut yang didalamnya sudah terdapat beberapa basemap khusus.
  2. Selanjutnya kita hanya perlu COPY + PASTE layernya ke project teman-teman.


VIDEO TUTORIAL

Baca Juga:
1. Mengurangi Noise dari Data Raster dengan ArcGIS
2. Menggabungkan Dua Tabel dengan Menggunakan Korelasi Spasial

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang cara menambahkan basemap khusus di ArcMap (ArcGIS. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774