BLANTERVIO103

Hitung Perubahan Penggunaan Lahan Metode Matrik - ArcGIS

Hitung Perubahan Penggunaan Lahan Metode Matrik - ArcGIS
12/26/2020

Menghitung dan Analisis Perubahan Penggunaan Lahan dengan Metode Matrik dan ArcGIS

Menghitung dan Analisis Perubahan Penggunaan Lahan
Perubahan Penggunaan Lahan sangat penting untuk kita ketahui mengingat ketersediaan lahan di waktu yang akan datang mempunyai pengaruh sangat penting baik dari sektor sosial, ekonomi, budaya dan lingkungan. Tutorial ini juga mungkin sharing terakhir mimin di tahun 2020 ini karena pada minggu depan kita sudah memasuki 2021 Masehi. Semoga Lapak GIS masih tetap ada dan bisa memberikan tutorial dan data-data yang bermanfaat untuk teman-teman semua.

Pada kesempatan ini mimin akan coba berbagi cara menghitung perubahan tata guna lahan dengan metode Matrik dan Overlay di ArcGIS. Seperti yang mimin bilang sebelumnya bahwa penting untuk kita untuk mengetahui setiap perubahan lahan yang terjadi dalam setiap tahun. Ketika terjadi perubahan maka tentu sudah terjadi alih fungsi lahan, dan kebanyakan kita temui dilapangan adalah alih fungsi ke lahan permukiman. Memang tidak dapat kita pungkiri dengan semakin banyaknya penduduk tentu akan menyebabkan kebutuhan akan tempat tinggal juga akan meningkat, tapi kita tetap harus melakukan pengawasan terhadapat hal tersebut salah satu caranyanya adalah menganalisis penggunaan lahannya.


Baiklah, kita coba langsung masuk ke tahap tutorial saja. Metode analisis yang akan mimin gunakan adalah metode teknik overlay (intersect) dan juga Matrik. Tahap-tahapnya sendiri bisa teman-teman saksikan nanti pada video yang sudah mimin siapkan, karena fokus artikel ini untuk penyempurnaan saja.

Salah satu keuntungan kita memakai metode matrik dalam melihat perubahan lahan adalah kita bisa melihat lahan mana saja yang berubah  dari bentuk asalnya. Contohnya saja, jika di tahun awal luas permukiman adalah 10 Ha dan 5 tahun berikutnya menjadi 17 Ha, yang artinya sudah terjadi alih fungsi lahan, dengan metode ini kita bisa melihat lahan-lahan mana saja yang telah berubah tersebut sehingga membuat luas area permukiman menjadi bertambah.


VIDEO TUTORIAL 

Baca Juga:
1. Simbologi Otomatis Tampil Ketika Fitur ditambahkan ke ArcGIS
2. Menambahkan Custom Web Tile (Basemap) pada ArcMap

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Cara Menghitung dan Analisis Perubahan Penggunaan Lahan. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.


Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774