BLANTERVIO103

Custom Color Ramp Versi 3 untuk ArcGIS

Custom Color Ramp Versi 3 untuk ArcGIS
1/10/2021


Custom Gradient Warna untuk Carto Effects, Events, Hillshade dan Hypsometry

Custom Color Ramp Versi 3.0 pada ArcGIS

Color Ramp (gradient warna) secara default sudah tersedia pada ArcGIS, namun masih terbatas / sedikit dalam variasi warnanya. Pada kesempatan kali ini Lapak GIS akan share sebuah styles Color Ramp untuk bisa teman-teman gunakan langsung tanpa perlu membuatnya terlebih dahulu.

Pada file yang akan mimin bagikan nanti ada 4 tema yang menggambarkan gradasi warnanya, yaitu:

  1. Hypsometry - warna ini dapat digunakan untuk menggambarkan rentang ketinggian. Warna-warna tersebut secara umum berkaitan dengan tutupan lahan yang dapat ditemukan pada berbagai ketinggian di berbagai belahan dunia. Jalur warna mencakup simbologi untuk data terestrial dan batimetri.
  2. CartoEffects - warna ini dapat digunakan untuk membuat efek kartografi khusus, seperti batas gradien pada peta Danau Kawah yang terlihat di Pusat Pemetaan.
  3. Events (Peristiwa) - Jalur warna ini dapat digunakan untuk melambangkan data berkelanjutan yang terkait dengan fenomena lingkungan, termasuk peristiwa aktif seperti kebakaran hutan, peristiwa bertahap seperti penggurunan, peristiwa musiman seperti pergeseran iklim, dan peristiwa air yang terkait dengan hal-hal seperti arah aliran, arus, dan kecepatan.
  4. Hillshades - Warna ini dapat digunakan untuk hillshades spesifik area, hillshades monokromatik, atau hillshade bicolor. Hillshades ini dapat digunakan untuk permukaan darat atau bawah air untuk meningkatkan efek pencahayaan.


Saat mendesain color ramp ini, Tim Pemetaan Esri mengikuti praktik kartografi standar sehingga saat diterapkan, secara default, nilai yang lebih rendah akan diberi warna yang lebih terang dan nilai yang lebih tinggi akan diberi warna yang lebih gelap. Pengecualian adalah set jalur warna untuk hipometri (elevasi). Warna-warna di jalur landai tersebut memiliki rentang warna yang berhubungan dengan kelas tutupan lahan hipotetis (misalnya, hijau untuk lembah rendah dan subur; coklat untuk daerah berbatu; dan putih untuk puncak yang tertutup salju.

Custom Color Ramp Versi 3.0 pada ArcGIS

Custom Color Ramp Versi 3.0 pada ArcGIS

Custom Color Ramp Versi 3.0 pada ArcGIS

Baiklah, bagi teman-teman yang penasaran seperti apa preview dari penerapan gradient warna ini, bisa dilihat pada video yang sudah mimin siapkan. Untuk file Styles Color ramp bisa didapatkan pada tombol unduh dibawah ini.

VIDEO TUTORIAL 

Baca Juga:
1. Daftar kumpulan data shapefile (SHP) berbagai tema.
2. Peta Cetak Digital Indonesia Berbagai Tema

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Custom Color Ramp (Gradient Warna) pada ArcGIS. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.


Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774