BLANTERVIO103

Shapefile Sebaran Batulempung Bermasalah Seluruh Indonesia

Shapefile Sebaran Batulempung Bermasalah Seluruh Indonesia
1/05/2021

Data Shapefile (SHP) Batulempung Bermasalah Seluruh Provinsi Indonesia

Shapefile Sebaran Batulempung Bermasalah Seluruh Indonesia

Pada kesempatan ini mimin akan sharing sebuah data spasial yang cukup penting yaitu Shapefile (SHP) sebaran Batulempung bermasalah yang ada di Indonesia. Batulempung bermasalah adalah batulempung yang mempunyai sifat kembang-susut (expansive clay), berumur Tersier serta terendapkan di lingkungan laut. Lempung mengembang (expansive clay) adalah jenis lempung yang memiliki batas kembang dan batas susut yang tinggi. Karena sifatnya yang mengembang jika basah dan menyusut jika kering, dapat memberikan nilai pada dua sisi yang berbeda, yaitu merusak dan juga bisa sebaliknya memberi manfaat.

Jika kita kaitkan dengan konstruksi atau pondasi struktur bangunan maka lempung mengembang banyak menimbulkan masalah, diantaranya sebagai penyebab longsoran (sliding) dan pengangkatan (heave). Pada kasus longsor, lapisan lempung selain bergerak sendiri, juga bertindak sebagai bidang gelincir (sliding surface) terhadap lapisan di atasnya yang bergerak longsor. Sedangkan terjadinya proses pengangkatan, terjadi akibat pengembangan lempung, pondasi stau dinding terangkat sehinggaretak/pecah.

Pada sisi lain, lempung_mengembang juga sangat bermanfaat bila digunakan sebagai bahan atau material diantaranya untuk pembuatan keramik, lumpur pemboran khususnya pemboran minyak (lempung jenis montmoritonit, dikenal dengan nama dagang bentonit), penyerap balan limbah beracun dan katalis pemurnian pada proses pemurnian oleh (kelapasawit).

Baik, itulah sedikit pengenalan tentang Batulempung Bermasalah, sekarang kita masuk ke Data Shapefilenya. Data ini memiliki skala 1:250.000 dengan Sumber data: Badan Geologi, Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, 2019.

Data Sebaran Batu Lempung Bermasalah ini disusun berdasarkan data sekunder untuk informasi awal dan kepentingan perencanaan pembangunan infrastruktur tentang daerah-daerah yang berpotensi terjadinya kerusakan infrastruktur akibat perilaku kembang-susut batulempung.


SHP Batulempung Bermasalah - Tanah Lunak Bermasalah

Shapefile Sebaran Batulempung Bermasalah Seluruh Indonesia

Shapefile Sebaran Batulempung Bermasalah Seluruh Indonesia

Sama seperti sebelumnya yang sudah admin jelaskan Lapak GIS hanya akan mengkategorikan data itu premium berdasarkan sumber. Jika berminat untuk mendapatkan data format SHP Shapefile diatas untuk keperluan analisis lanjut, project, riset dan keperluan lainnya, silahkan hubungi admin melalui Contact Form/Whatsapp. Jika tidak ada halangan dan kesibukan lainnya, admin akan langsung merespon pesan yang teman-teman kirimkan.

Baca Juga:
1. Daftar kumpulan data shapefile (SHP) berbagai tema.
2. Peta Cetak Digital Indonesia Berbagai Tema.

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Shapefile Sebaran Batulempung Bermasalah. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774