BLANTERVIO103

Cara Membuat Peta Kerapatan Sungai pada ArcGIS

Cara Membuat Peta Kerapatan Sungai pada ArcGIS
2/06/2021

Cara Membuat Peta Kerapatan Sungai dan Menghitung indeks kerapatannya pada ArcGIS

Cara Membuat Peta Kerapatan Sungai pada ArcGIS

Dalam membuat peta kerapatan sungai pada dasarnya kita akan merubah faktor nilai kualitatif menjadi nilai kuantitatif menggunakan teknik SIG yaitu menggunakan tools line density dalam menentukan tingkat percabangan sungai berdasarkan nilai kepadatan garis aliran sungai terhadap area disekitarnya.

Semakin rapat jaringan sungai maka limpasan permukaan (surface runoff) semakin cepat terkumpul/terkonsentrasi pada titik luaran (outlet) sehingga limpasan puncak (banjir) lebih cepat terjadi dan lebih besar.

Berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Nomor: P.3/V-SET/2013 tentang Pedoman Identifikasi Karakteristik Daerah Aliran Sungai, kerapatan sungai adalah suatu angka indeks yang menunjukkan banyaknya anak sungai di dalam suatu DAS. Kerapatan aliran sungai menggambarkan kapasitas penyimpanan air permukaan dalam cekungan-cekungan seperti danau, rawa dan badan sungai yang mengalir di suatu DAS. Kerapatan daerah aliran merupakan faktor penting dalam menentukan kecepatan air larian. Semakin tinggi kerapatan daerah aliran maka semakin besar pula kecepatan air larian untuk curah hujan yang sama.

Daerah aliran dengan kerapatan daerah yang tinggi maka debit puncak akan tercapai dalam waktu yang lebih cepat, dalam Prinsip Dasar Pengelolaan DAS, bahwa kerapatan sungai berhubungan dengan sifat drainase DAS. Sungai dengan kerapatan kurang dari 0,7km/km2 umumnya berdrainase jelek atau sering mengalami penggenangan, sungai dengan kerapatan antara 0,73 ‐ 2,74 km/km2 umumnya memiliki kondisi drainase yang baik atau jarang mengalami penggenangan, sedangkan DAS pada kondisi nilai kerapatan sungai > 2,74 km/km2 maka aliran air akan sering mengalami kekeringan.


Baiklah, sekarang kita masuk ke tahapan Pembuataan Peta Kerapatan Sungai dengan ArcGIS. Untuk membuatnya tidaklah terlalu sulit, hanya memerlukan beberapa langkah saja yang secara umum akan sangat mudah di pahami. Pada artikel ini mimin akan jelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan saja, karena secara lengkap mimin sudah siapkan video tutorial yang ada di channel youtube Lapak GIS. 

Untuk Kategori / Kelas kerapatan sungai terbagi atas 5 kelas yaitu:

  1. Sangat rapat
  2. Rapat
  3. Sedang
  4. Agak Jarang
  5. Jarang
Sedangkan untuk Indeks kerapatan aliran sungai yaitu:
  1. Rendah (< 0,25 m/km2)
  2. Sedang (0,25 - 10,0 m/km2)
  3. Tinggi (10,0 - 25,0 m/km2)
  4. Sangat tinggi (>25,0 m/km2)
  
Cara Membuat Peta Kerapatan Sungai pada ArcGIS

VIDEO TUTORIAL
 
 

Baca Juga:
1. Daftar kumpulan data shapefile (SHP) berbagai tema.
2. Peta Cetak Digital Indonesia Berbagai Tema

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Pembuataan Peta Kerapatan Sungai pada ArcGIS. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.


Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774