BLANTERVIO103

SHP Peta Potensi Banjir Limpasan

SHP Peta Potensi Banjir Limpasan
2/09/2021

SHP Peta Potensi Banjir Limpasan
SHP potensi banjir limpasan erat kaitannya dengan permasalahan bencana banjir. Untuk istilah umumnya bisa dikatakan sebagai wilayah yang berpotensi banjir limpasan/banjir bandang yang artinya banjir yang bersifat cepat.

Banjir limpasan (banjir bandang) merupakan aliran yang mempunyai sedimentasi berupa kerikil dan batu dalam waktu tempuh limpasan yang sangat tinggi (cepat). Pada umumnya penyebab bencana banjir salah satunya adalah curah hujan yang tinggi namun tidak di imbangi dengan kapasitas resapan air tanah atau infiltrasi tanah dan kapasitas intersepsinya.

Semakin besar aliran air dipermukaan tanah (kebanyakan alih fungsi lahan), maka semakin banyak air yang mencapai saluran drainase untuk menuju sungai sebagai penampung air komunal. Lalu apa jadinya jika dasar sungai mendekati permukaan sungai? Tentu akan semakin rentan terjadi banjir saat curah hujan tinggi.

Untuk teman-teman ketahui pada dasarnya dalam menganalisis wilayah Potensi banjir limpasan, setidaknya data-data yang diperlukan adalah Kelerengan, Curah Hujan, Tekstur Tanah, Penggunaan Lahan, Sempadan Sungai Eksisting.

Baiklah, itulah sedikit penjelasan terkait Peta Potensi Banjir Limpasan, sekarang kita masuk ke bagian data SHP (Shapefile)nya. Dalam data ini nantinya akan terdapat informasi seperti pada tabel Klasifikasi mulai dari kelas limpasan Ekstrim, Tinggi, Normal dan Rendah permasing-masing fitur. Data ini memiliki skala 1:250.000 dengan sumber data berasal dari Kajian Ditjen Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.


Dengan adanya data ini maka sangat berguna untuk pertimbangan sebagai perencanaan pengelolaan Sub DAS untuk potensi banjir limpasan yang rasional serta aplikatif yang diselaraskan dengan sistem pemerintahan, dengan harapan semua stakeholder dari masing-masing tingkat pemerintahan dari kabupaten sampai dengan desa, khususnya yang berada di Sub DAS dapat bekerjasama dalam antisipasi dan meminimalisir dampak dari bencana banjir
limpasan.

Berikut preview dari Data Shapefile (SHP) Potensi Banjir Limpasan.

SHP Peta Potensi Banjir Limpasan

SHP Peta Potensi Banjir Limpasan


Sama seperti sebelumnya yang sudah admin jelaskan Lapak GIS hanya akan mengkategorikan data itu premium berdasarkan sumber. Jika berminat untuk mendapatkan data format SHP Shapefile diatas, silahkan hubungi admin melalui Contact Form/Whatsapp. Jika tidak ada halangan dan kesibukan lainnya, admin akan langsung merespon pesan yang teman-teman kirimkan.

Baca Juga:
1. Daftar kumpulan data shapefile (SHP) berbagai tema.
2. Peta Cetak Digital Indonesia Berbagai Tema

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang SHP Potensi Banjir Limpasan. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.


Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774