BLANTERVIO103

Data Shapefile (SHP) RZ KSNT Indonesia

Data Shapefile (SHP) RZ KSNT Indonesia
2/25/2021

Shapefile (SHP) Rencana Zonasi Kawasan Strategis Nasional Tertentu

Data Shapefile (SHP) RZ KSNT Indonesia

SHP RZ KSNT atau wilayah Kawasan Strategis Nasional Tertentu adalah pulau-pulau yang secara geografis letaknya di wilayah terluar dari Indonesia sehingga merupakan kawasan yang terkait dengan kedaulatan Negara Nesatuan Republik Indonesia, sebagai pengendalian lingkungan hidup, dan/atau situs warisan dunia, yang pengembangannya diprioritaskan bagi kepentingan nasional.

Pemanfaatan Shapefile SHP RZ KSNT ini diantaranya:

  1. Dalam bidang Pertahan dan keamanan, seperti penempatan pos pertahanan dan keamanan - penempatan simbol negaran dan/atau batas negara, penempatan sarana bantu navigasi pelayaran - pengembangan potensi maritim lainnya.
  2. Dalam bidang kesejahteraan masyarakat, seperti usaha kelautan dan perikanan, ekowisata bahari, pendidikan dan penelitian, pertanian subsisten, penempatan sarana dan prasarana sosial ekonomi, industri jasa maritim
  3. Dalam bisang pelestarian lingkungan, seperti penetapan kawasan PPKT sebagai kawasan yang dilindungi, dapat ditetapkan sebagai kawasa konservasi yang ditetapkan mentri, dapat berupa KKP (kawasan konservasi perairan) - KKP3K (kawasan konservasi pesisir dan pulau-pulau kecil), KKM (kawasan konservasi maritim), dan/atau sempadan pantai.

Itulah beberapa manfaat dari KSNT yang secara lebih luas masih banyak manfaatnya. sekarang kita masuk kebagian metadata shapefile. Sumber data SHP Rencana Zonasi Kawasan Strategis Nasional Tertentu ini bersumber dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut - Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan Skala 1:50.000. Sampai saat artikel ini dibuat sudah ada 12 pulau (lokasi) KSNT yang telah ditetapkan oleh Permen KP, yaitu:

  1. Klaster pulau berhala (Permen KP 21/2020) - 1 Pulau
  2. Klaster pulau rusa dan pulau raya (Permen KP 20/2020) - 2 Pulau
  3. Klaster kepulauan anambas (Permen KP 22/2020) - 5 Pulau
  4. Pulau Nipa (Permen KP 32/2017) - 1 Pulau
  5. Pulau Senua (Permen KP 41/2018) - 1 Pulau
  6. Klaster pulau maratua dan pulau sambit (Permen KP 20/2020) - 2 Pulau

Data Peta Shapefile RZ KSNT Indonesia 

Berikut beberapa contoh preview data shapefile RZ KSNT yang ada di Indonesia, untuk wilayah atau klaster yang tidak ada, teman-teman bisa hubungi admin dengan kontak yang tersedia dibawah.

Data Shapefile (SHP) RZ KSNT Indonesia

Data Shapefile (SHP) RZ KSNT Indonesia



Sama seperti sebelumnya yang sudah admin jelaskan, Lapak GIS hanya akan mengkategorikan data itu premium berdasarkan sumber. Jika berminat untuk mendapatkan data format SHP Shapefile diatas, silahkan hubungi admin melalui Contact Form/Whatsapp. Jika tidak ada halangan dan kesibukan lainnya, admin akan langsung merespon pesan yang teman-teman kirimkan.

Baca Juga:

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang SHP Peta RZ KSNT Terbaru. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.


Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774