BLANTERVIO103

Seleksi Fitur SHP Berdasarkan Referensi Lokasi

Seleksi Fitur SHP Berdasarkan Referensi Lokasi
2/27/2021
Seleksi Fitur SHP Berdasarkan Referensi Lokasi

Selection adalah fungsi yang sangat penting di dalam editing dengan ArcMap. Kesalahan dalam pengeditan pada umumnya bersumber dari kesalahan selection. Fitur yang secara tidak sengaja dalam status selected dapat saja terhapus atau tergeser tidak sengaja. Oleh karena itu pemahaman mengenai selection sangat krusial dalam editing data fitur.

Teman-teman dapat melakukan selection pada ArcMap dengan menggunakan beberapa metode, yaitu interactive selection, select by graphic, select by location dan select by attribute. Teman-teman juga dapat menentukan layer tertentu sebagai target selection. Pada tutorial ini hanya akan dibahas tentangselect by location sedangkan metode seleksi lainnya mimin kita sudah cukup familiar.

Select by location digunakan untuk memilih fitur dari layer target berdasarkan posisinya terhadap layer referensi. Select by location sering digunakan dalam analisis spasial. Untuk melakukan select by location, diperlukan layer referensi yang sudah tersedia. Contoh penggunaan select by location misalnya memilih desa dengan radius 10 km dari puncak gunung, memilih jalan yang melintasi suatu kota, memilih pemukiman dengan jarak minimal 5 km dari sungai, dan sebagainya.

Select by location digunakan untuk memilih (seleksi) fitur dari layer target berdasarkan posisinya terhadap layer referensi. Select by location sering digunakan dalam analisis spasial. Untuk melakukan select by location, diperlukan layer referensi yang sudah tersedia. Contoh penggunaan select by location misalnya memilih desa dengan radius 10 km dari puncak gunung, memilih jalan yang melintasi suatu kota, memilih pemukiman dengan jarak minimal 5 km dari sungai, dan sebagainya.

Untuk lebih memahami select by location, mimin sudah menyiapkan studi kasus di Kota Bogor. Data spasial yang digunakan adalah data Batas administrasi Kota Bogor. Sebagai contoh, silakan buka bahan latihan yang sudah mimin siapkan dibagian bawah artikel ini.

Seleksi Fitur SHP Berdasarkan Referensi Lokasi

Gambar Studi kasus menggunakan select by location


Studi kasus 1: Memilih kelurahan yang berjarak < 1 km dari SUTT

Untuk memilih kelurahan yang memiliki jarak minimal 1 km dari SUTT dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut

  1. Buka file latihan
  2. Klik menu Selection
  3. Pilih Select by Location...
  4. Pilih Select features from
  5. TIK pada layer kelurahan. Langkah 4 dan 5 digunakan untuk memilih fitur dari layer kelurahan.
  6. Pilih source layer SUTT
  7. Pilih pada spatial selection, are within a distance of the source layer feature
  8. Tentukan 1000 meter
  9. Klik Apply untuk menjalankan selection
  10. Fitur terpilih akan ter-highlight

Seleksi Fitur SHP Berdasarkan Referensi Lokasi

Gambar Menggunakan select by location pada Studi Kasus 1

 

Studi kasus 2: Memilih kelurahan yang berjarak < 1 km dari sutet dan juga berjarak < 2 km dari stasiun

Pada studi kasus ini dilakukan selection berdasarkan selection dengan referensi, yaitu layer sutet dan layer stasiun. Untuk melakukan hal tersebut dilakukan dua tahap selection yang urutannya dapat yang mana saja terlebih dahulu. Pertama, memilih kelurahan yang berjarak < 1 km dari sutet kedua dilakukan selection (dari fitur yang terpilih saja) kelurahan yang berjarak < 2 km dari stasiun.

Sebelum melakukan studi kasus, pembaca harus melakukan terlebih dahulu studi kasus 1 di atas terlebih dahulu sehingga fitur kelurahan dalam status terpilih seperti pada Gambar studi kasus 1. Langkah selanjutnya adalah melakukan selection sebagai berikut.

  1. Buka dialog Select By Location
  2. Pilih select from currently selected features in
  3. TIK pada layer kelurahan.
  4. Pilih source layer stasiun
  5. Pada spatial selection, pilih lah are within a distance of the source layer feature
  6. Tentukan jarak 2000 meter
  7. Klik Apply untuk menjalankan selection
  8. Fitur terpilih di-highlight

 

Seleksi Fitur SHP Berdasarkan Referensi Lokasi

Gambar Menggunakan select by location dari fitur yang sudah ter-select (studi kasus 2)

Video Tutorial 
 

Bahan File Latihan


Baca Juga:
1. Daftar kumpulan data shapefile (SHP) berbagai tema.
2. Peta Cetak Digital Indonesia Berbagai Tema

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang menentukan layer tertentu sebagai target seleksi. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.


Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774