BLANTERVIO103

Mengenal Landsat 8 OLI/TIRS (Overview)

Mengenal Landsat 8 OLI/TIRS (Overview)
2/16/2021

Pengenalan dan Karakteristik Landsat 8

Mengenal Landsat 8 OLI-TIRS (Overview)
Perekaman citra bumi dengan satelit Landsat merupakan program yang telah berjalan paling lama. Sejak tahun 1972, satelit-satelit Landsat telah menangkap jutaan citra satelit untuk seluruh dunia, sehingga Landsat merupakan koleksi citra yang paling lengkap. Satelit yang terbaru adalah Landsat 8 yang diluncurkan pada bulan Pebruari, 2013. Landsat 8 menghasilkan citra berkualitas tinggi, untuk seluruh dunia, setiap 16 hari. Citra ini disediakan oleh United States Geological Service (USGS) untuk penggunaan umum, sebagai layanan gratis.

Misi dari Proyek Landsat adalah menyediakan akuisisi data multispektral dengan resolusi sedang pada Permukaan bumi secara global. Landsat mewakili satu-satunya sumber global, terkalibrasi, spasial dengan pengukuran resolusi sedang pada permukaan bumi. 

Mengenal Landsat 8 OLI/TIRS (Overview)

Citra Landsat 8 memiliki resolusi piksel 28.5m, dengan satu band yang resolusi lebih tinggi dengan ukuran piksel 15m. Satelit Landsat ini, sekali lewat menangkap jalur citra selebar 185km, di ukur di permukaan bumi. Jalur citra ini dipotong untuk mempermudahkan distribusi dan pengelolaan data. Setiap potongan jalur (‘scene’) diberikan nomor jalur (path) dan nomor barisan (row).


Jumlah band, Fungsi (Kegunaan), Panjang Gelombang dan Resolusi Landsat 8

Satelit landsat 8 memiliki sensor Onboard Operational Land Imager (OLI) dan Thermal Infrared Sensor (TIRS) dengan jumlah kanal sebanyak 11 buah. Diantara kanal-kanal tersebut, 9 kanal (band 1-9) berada pada OLI dan 2 lainnya (band 10 dan 11) pada TIRS.

Band Landsat 8 Kisaran Spektran Dipakai untuk   memetakan Resolusi
Band   1 - Aerosol Coastal (aerosol, pesisir) 0.43-0.45 Daerah   pesisir dan aerosol diudara 30   m
Band   2 - Blue (biru) 0.45-0.51 Pemetaan   bathimetri (dasar laut), membedakan tanah dan vegetasi 30   m
Band   3 - Green (hijau) 0.53-0.59 Menerangkan   vegetasi yang sedang bertumbuh 30   m
Band   4 - Red (merah) 0.64-0.67 Bedakan   kemiringan vegetasi 30   m
Band   5 - Near Infrared (NIR) 0.85-0.88 Menerangkan   perbedaan banyaknya biornassa dan daerah pesisir 30   m
Band   6 - Short wave infrared (SWIR) 1 1.57-1.65 Membedakan   kadar air tanah (kebasahan tanah) dan vegetasi, menembus melewati awan yang   tipis 30   m
Band   7 - Short wave infrared (SWIR) 2 2.11-2.29 Peningkatan   kapasitas dalam membedakan kebasahan tanah dan vegetasi, melewati awan yang   tipis 30   m
Band   8 - Panchromatic (hitam putih) 0.50-0.68 Untuk   citra yang lebih tajam 15   m
Band   9 - Cirrus (awan sirus) 1.36-1.38 Peningkatan   deteksi kontaminasi dalam awan sirus. 30   m
Band   10 - Thermal Infra Red (TIRS) 1 10.60-11.19 Prakiraan   pemetaan panas dan kelembaban tanah 100 m dan (30 m)
Band   11 - Thermal Infra Red (TIRS) 2 11.50-12.51 Peningkatan   Prakiraan pemetaan panas dan kelembaban tanah 100   m dan (30 m)


Komparasi Band Landsat 7 dan Landsat 8

Perbedaan utama diantara Landsat 5 dan Landsat 8 adalah jumlah ‘band’ yang ditangkap. Semua data Landsat 5-8 memiliki kombinasi band yang kasat mata (visible) yaitu merah, hijau, biru, dan ada berberapa band merah-infra (infrared) dan panas (thermal). Gambar yang dibawah menunjukkan perbedaan diantara band untuk Landsat 7 dan Landsat 8 – yaitu untuk Landsat 5 dan 7, biru, hijau and merah adalah band 1,2,3, sedangkan untuk Landsat 8, warna itu adalah band 2,3 dan 4. Band infrared untuk Landsat 5-7 adalah band 4,5 dan 7, sedangkan untuk Landsat 8, merah infra adalah band 5, 6 dan 7.

Mengenal Landsat 8 OLI/TIRS (Overview)


Kombinasi Band Landsat 8 (VS Landsat 7)

Band Combination atau sering disebut sebagai citra komposit karena dalam prosesnya kita akan melakukan komposit (penggabungan) 3 kanal (band) untuk mendapatkan warna merah (Red), hijau (green) dan biru (blue). Berikut Tabel kombinasi band yang sudah mimin rangkum.

Kombinasi Band Landsat 8 dan Landsat 7
Tabel Kombinasi Band Landsat 8 VS Landsat 7
Kombinasi   Band Landsat 8 Kombinasi   Band Landsat 7 Aplikasi   (Penggunaan)
4-3-2 3-2-1 Menghasilkan   "warna alami" (natural color) ata enampilkan citra yang sama dengan   sistem visual manusia.
5-4-3 4-3-2 Komposit   baku untuk "false color" dimana vegetasi akan tampak sebagai daerah   berbayang merah. Semakin baik vegetasi (contoh vegetasi hutan), maka   akan semakin tampak berwarna merah gelap. Daerah perkotaan yang padat akan   nampak berwarna biru.
Kombinasi ini paling sering digunakan dalam   studi vegetasi, monitoring drainase dan pola tanah, serta tahapan dalam   pertumbuhan tanaman
7-5-3 7-4-2 Kombinasi   ini akan memperlihatkan dimana vegetasi akan tampak hijau gelap,tanah kosong   akan tampak berwarna merah muda (pink), dan air akan tampak berw arna   biru.
Kombinasi ini sangat berguna dalam bidang   geologi, pertanian dan wetland. Jika terdapat kebakaran maka akan tampak   berwarna merah.
5-6-2 4-5-1 Vegetasi   sehat akan tampak berwarna merah, coklat, oranye dan kuning. Tanah akan   nampak berwarna hijau dan coklat. Air yang jernih dan dalam akan tampak   semakin gelap pada kombinasi ini.Untuk studi vegetasi maka dengan penambahan   kanal Mid-IR akan meningkatkan sensitivitas dalam deteksi beberapa   tahapan pertumbuhan atau stres tumbuhan tersebut, tetapi mesti cermat ketika   intepretasi dilakukan pada citra yang diambil saat musim hujan. Kombinasi ini   juga berguna dalam membandingkan area yang mengalami banjir (flood).
5-6-4 4-5-3 Kombinasi   ini akan semakin memperjelas batas antara darat-air. Kombinasi kanal ini juga   memperlihatkan perbedaan kelembaban yang berguna bagi analisis kondisi tanah   dan vegetasi. Secara umum, semakin lembab tanah maka akan semakin terlihat   berwarna gelap oleh karena kemampuan penyerapan (absorpsi) spektrum   infra-merah oleh air.
7-6-4 7-5-3 Kombinasi   ini juga akan memberikan tampilan "natural-like" dimana vegetasi   akan tampak sebagai area berbaya hijau yang gelap dan terang ketika musim   pertumbuhan. Permukaan daratan yang panas seperti kebakaran hutan atau   kaldera gunung berapi akan memberikan efek kejenuhan pada kanal Mid-IR   sehingga akan tampak sebagai bayang berwarna merah atau kuning. Dengan   demikian salah satu aplikasi khusus dari kombinasi ini yaitu digunakan dalam   monitoring kebakaran hutan.
6-5-4 5-4-3 Seperti   kombinasi kanal 4-5-1, maka kombinasi ini akan memberikan banyak informasi   dan warna yang kontras. Vegetasi yang sehat akan berwarna hijau cerah dan   tanah berwarna lembayung muda (mauve). Kombinasi ini sangat berguna dalam   studi vegetasi dan pertanian serta digunakan secara luas dalam pengelolaan   areal kayu dan serangan hama.
6-5-2 5-4-1 Kombinasi   ini terlihat serupa dengan kombinasi 7-4-2 dimana vegetasi yang baik akan   terlihat hijau cerah, kecuali kombinasi ini lebih baik jika digunakan dalam   studi yang berkaitan dengan pertanian.
7-6-5 7-5-4 Oleh   karena kombinasi kanal ini tidak menggunakan kanal tampak (visible band)   dengan demikian kombinasi ini sangat baik dalam penetrasi atmosfer. Garis   pantai dan laut akan terlihat jelas. Kombinasi ini seringkali digunakan untuk   menemukan karakteristik kelembaban dan tekstur tanah. Vegetasi akan terlihat   berwarna biru. Kombinasi kanal ini akan berguna dalam studi geologi.
6-4-2 5-3-1 Kombinasi   ini lebih menunjukkan tekstur topografis, sementara kombinasi 7-3-1 lebih   memperlihatkan perbedaan tipe berbatuan.


Pencarian dan Akses Data Landsat 8

Bagi teman-teman yang ingin mendapatkan data Landsat, atau sekedar ingin melihat seperti apa bentuk datanya, bisa mengunjungi salah satu website berikut.

  1. EarthExplorer (EE)
  2. Global Visualization Viewer (GloVis)
  3. LandsatLook Viewer
Baca Juga:

  1. Daftar kumpulan data shapefile (SHP) berbagai tema.
  2. Peta Cetak Digital Indonesia Berbagai Tema

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Mengenai Landsat 8 OLI/TIRS. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Sumber referensi: Landsat Science - The Landsat 8 Data Users Handbook - Saga GIS indonesia.
Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774