BLANTERVIO103

Cara Memasukkan Foto Video ke Shapefile

Cara Memasukkan Foto Video ke Shapefile
2/20/2021


Cara Memasukkan Foto dan Video kedalam SHP

Cara Memasukkan Foto Video ke Shapefile
Pada tutorial kali ini kita akan sharing cara memasukkan banyak foto dan video ke dalam file (Shapefile) SHP. Cara ini merupakan alternatif HTML Popup yang sudah pernah mimin bahas sebelumnya Cara Membuat HTML Popup pada ArcGIS. Karena banyak yang bertanya apakah pada HTML popup nanti file foto yang dimasukkan akan hilang jika shapefilenya pindah ke perangkat lain...? Maka dari itu mimin buat tutorial tambahan dimana nantinya kita akan bekerja dalam lingkup File Geodatabase.

Dengan kita bekerja dalam ruang Geodatabase maka file foto, video, maupun file arsip lainnya jika dipindah ke perangkat lain, bahkan dihapus folder sumbernya, filenya masih bisa ditampilkan (tidak hilang) karena file tersebut sejatinya tersimpan dalam geodatabase. Jadi bagaimana proses pembuatannya? berikut sudah mimin buat urainnya singkat beserta video tutorialnya.

  1. Siapkan fitur SHP yang akan di masukkan Foto & Video
  2. Kita buat File Geodatabase (GDB) lalu import file SHP ke GDB yg sudah dibuat
  3. Klik kanan file SHP lalu Managed dan pilih Create attachments. Akan muncul tambahan file pada geodatabase kita yaitu attach dan attachrel.
  4. Masukkan file SHP dalam GDB tadi, lalu lakukan sesi editing pada file SHP.
  5. Pilih fitur SHP yang akan dimasukkan Foto dan Video lalu buka attribute nya.
  6. Pada bagian attachments management, silahkan teman-teman add file ingin dimasukkan bisa berupa video, foto, pdf, dll.
  7. Lalukan save sesi editing jika sudah selesai dan lihat hasilnya dengan memilik tombol HTML pop up.
Jika ingin memindahkan Shapefile (SHP) nya ke perangkat lain namun file foto dan videonya tidak ingin hilang, maka yang dicopy adalah folder Geodatabasenya (bukan hanya file shapefile saja). Jangan lakukan export data tunggal file shp karena file arsipnya tidak akan ikut terbawa.

Sayangnya fitur html popup belum tersedia pada ArcReader, seandainya tersedia akan sangat bagus sekali dalam hal mendistribusikan data kepada pihak lain dengan dukungan html popup.

Cara Memasukkan Foto dan Video kedalam SHP

Video Tutorial

Baca Juga:
1. Simbologi Otomatis Tampil Ketika Fitur ditambahkan ke ArcGIS
2. Editing Fitur pada ArcGIS (Tingkat Lanjut)

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Cara menambahkan foto video ke dalam Shapefile dan tidak akan hilang meski pada perangkat yang berbeda. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.


Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774