BLANTERVIO103

Berbagai Cara Memotong SHP (Shapefile) pada ArcGIS

Berbagai Cara Memotong SHP (Shapefile) pada ArcGIS
3/20/2021

Cara Memotong SHP

Macam-macam Metode Cara Memotong Data SHP atau Vektor pada ArcGIS

Selamat berakhir pekan teman-teman Lapak GIS. Bakal ada banyak tutorial tentang GIS dan Remote sensing (walau masih beberapa untuk RS, hehehe) yang akan kita siapkan di sini, jangan lupa untuk terus berlangganan dengan Lapak GIS dengan email, youtube, dan media lainnya di Lapak GIS. Baiklah pada minggu ini mimin akan share tutorial dasar GIS yang mungkin dari teman-teman memerlukannya dalam pekerjaan GIS nya. Berbagai Cara Memotong SHP atau Data Shapefile pada ArcGIS - cara Clip data vektor pada ArcGIS dengan Cepat .

Dari pengalaman mimin ada beberapa cara yang bisa kita lakukan dalam memotong (clip) data vektor/shp kita dan itu disesuaikan dengan kebutuhan serta tujuannya. Dalam tutorial ini akan kita jelaskan satu per satu. Jika dari teman-teman mempunyai cara yang lain selain dari dijelaskan, silahkan sampaikan pada bagian komentar dibawah artikel ini.

Alasan mimin sharing terkait hal ini adalah karena di beberapa kasus kadang cara yang biasa kita gunakan tidak bisa dalam menyelesaikan pekerjaan kita perlu langkah lanjutannya lain sehingga waktu kerja kita lebih efesien dan cepat. Berikut berbagai Cara Memotong SHP (Shapefile).

  1. Memotong SHP dengan ArcToolbox Clip (Geoprocessing). Cara ini adalah yang paling umum dan sering digunakan karena simpel dan tidak perlu banyak persiapan. Cukup menyediakan data yang dipotong dan data sebagai fitur pemotongnya sehingga semua fitur yang berada diluar fitur pemotong akan hilang.
  2. Memotong SHP dengan Sesi Editing. Maksudnya, dalam kita memotong nantinya kita berada dalam mode sesi editing, berbeda dengan menggunakan tools. Cara ini biasanya sangat berguna ketika kita melakukan pekerjaan digitasi atau memperbaiki topology (tumpang-tindih fitur).
  3. Memotong SHP dengan ArcToolbox Erase (Overlay). Konsep cara ini sama dengan tools clip namun bedanya terletak pada area yang akan di potong, mungkin bisa dilihat perbandingannya pada gambar dibawah ini.
Cara Memotong SHP (Shapefile) pada ArcGIS

Jika dari teman-teman tips lain dalam memotong data SHP jangan lupa beri tahu mimin agar kita tambahkan pada artikel ini. Untuk menghemat waktu dan tenaga serta tidak bertele-tele, mimin sudah siapkan video tutorialnya agar lebih mudah dipahami.  

Video Tutorial

Baca Juga:
1. Daftar kumpulan data shapefile (SHP) berbagai tema.
2. Peta Cetak Digital Indonesia Berbagai Tema

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Cara Memotong SHP (Shapefile) / Vektor pada ArcGIS. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.


Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774