BLANTERVIO103

Menggabungkan Polygon Berdasarkan Kesamaan Data Attribute

Menggabungkan Polygon Berdasarkan Kesamaan Data Attribute
3/14/2021

Menggabungkan Polygon Berdasarkan Kesamaan Data Attribute

Selamat berakhir pekan teman-teman semuanya, kembali lagi bersama Lapak GIS yaitu Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh). Pada kesempatan kali ini mimin akan berbagi tutorial ringan saja, sekedar menambah pengetahuan kita terkait aplikasi GIS. Tutorial ini sangat berguna sekali dalam rangka menyelesaikan tugas-tugas GIS kita dan mungkin merupakan tools yang sangat sering mimin gunakan. Apakah itu? yups, benar..., kita akan menggabungkan polygon dengan kriteria informasi yang sama.

Tool dissolve digunakan untuk menggabungkan polygon berdasarkan kesamaan data attribute. Tools dissolve sangat berguna untuk mengurangi komplesitas data. Polygon yang memiliki attribute yang sama pada suatu field dan berdampingan akan di gabung menjadi satu polygon seperti ilustrasi pada gambar dibawah ini.

Tool dissolve digunakan untuk menggabungkan polygon berdasarkan kesamaan data attribute.

Tool dissolve digunakan untuk menggabungkan polygon berdasarkan kesamaan data attribute.
 

Tools ini memudahkan dan menghemat waktu dalam menyelesaikan tugas GIS kita. Misalnya informasi attribute dalam data kita terdiri dari wilayah administrasi kelurahan, wilayah administrasi kecamatan, wilayah administrasi kabupaten dan wilayah administrasi provinsi serta informasi-informasi lainnya. Namun yang kita butuhkan hanya wilayah administrasi level kecamatan saja dan kebanyakan dari kita mungkin akan berpikir bahwa tools yang tepat adalah dengan fitur clip/memotong sesuai batas masing-masing kecamatan. Cara ini sangat merepotkan menurut mimin, karena banyak bahan yang harus disiapkan seperti fitur untuk batas potongnya. Cara yang paling tepat adalah dengan menggunakan tools dissolve. Cukup pilih field kecamatan dan OK maka, fitur kecamatan akan terbentuk sendirinya.

Dengan tools dissolve ini juga merupakan cara cepat membuat batas administrasi dengan analisis lanjut berupa konversi hasil dissolve ke bentuk line (garis). Memang simpel tapi sangat banyak mengemat waktu dalam kerja, untuk penerapan lainnya bisa teman-teman sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Untuk memudahkan pemahaman teman-teman terkait tools dissolve, mimin sudah siapkan video tutorial dibawah ini, walau sebenarnya langkah-langkahnya cukup singkat.

Video Tutorial
 

Baca Juga:
1. Daftar kumpulan data shapefile (SHP) berbagai tema.
2. Peta Cetak Digital Indonesia Berbagai Tema

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Menggabungkan Polygon Berdasarkan Kesamaan Data Attribute. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.


Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774