BLANTERVIO103

Cara Memisahkan Huruf-Angka Acak di Attribut Tabel ArcGIS

Cara Memisahkan Huruf-Angka Acak di Attribut Tabel ArcGIS
4/24/2021

Cara Memisahkan Antara Huruf dan Angka di Field Attribute pada ArcGIS

Cara Memisahkan Huruf-Angka Acak di Attribut Tabel ArcGIS

Pada beberapa pekerjaan GIS kita mungkin pernah menemukan kendala atau bertanya bagaimana caranya kita bisa memisahkan nilai dari suatu field pada attribute tabel ArcGIS yang memuat kombinasi huruf dan angka secara acak, sehingga nantinya akan menjadi field terpisah (tersendiri) yang berisi angka saja dan huruf saja.

Mungkin kasusnya akan berbeda jika kombinasi huruf-angkanya mempunyai pola yang baku kita bisa dengan mudah memisahkannya dengan Function LEFT/RIGHT yang terdapat di Field Calculator dan ini sudah pernah mimin bahas pada sharing sebelumnya di Format Ekspresi Field Calculator pada ArcGIS. Namun jika kombinasi huruf dan angka dalam satu field tersebut random/acak akan ada metode khusus untuk memisahkannya.

Tutorial kali ini mimin akan menunjukkan cara memisahkan nilai dari satu field yang memuat campuran huruf serta angka yang acak. Field tersebut dipisahkan ke dalam field tersendiri yang memuat nilai angka saja pada field dengan type integer/double dan satu field lainnya memuat huruf saja dengan type text. Contoh hasilnya seperti tampak pada gambar dibawah ini.

Cara Memisahkan Huruf-Angka Acak di Attribut Tabel ArcGIS

Berikut tahapan cara memisahkan huruf dan angka dari satu field ke field lainnya pada ArcGIS.

1. Pertama kita buat field baru terlebih dahulu dengan type Long Integer untuk memuat nilai angka dari field dan type Text untuk memuat huruf atau text dari field. Silahkan disesuaikan untuk nama fieldnya, bebas. Disini mimin beri nama untuk field baru tersebut "Angka" dan "Huruf"

2. Selanjutnya Klik kanan field ‘Angka’, lalu pilih Field Calculator. Dari dialog box Field Calculator yang terbuka, pilih Parser Python > Centang pada Show Codeblock > copy paste script di bawah ini pada form kosong Pre-Logic Script Code.

=== Script memisahkan angka ===
def conv(myword):
mynum=''
for chr in myword:
if (ord(chr) >= 48 and ord(chr) <= 57) or ord(chr) == 47 or ord(chr) == 32 or ord(chr) == 45:
mynum= mynum + chr
return mynum

=== Script memisahkan huruf ===
def conv(myword):
mysting=''
for chr in myword:
if not((ord(chr) >= 48 and ord(chr) <= 57) or ord(chr) == 47 or ord(chr) == 32 or ord(chr) == 45):
mysting = mysting + chr
return mysting

3. Pada kotak kecilnya dibawahnya (dibawah kotak Pre-Logic Script Code), isikan script berikut ini. Perhatikan, ‘AngkaHuruf’ adalah nama field sumber yang akan dipisahkan nilai huruf dan angkanya.

conv(!AngkaHuruf!)

4. Setelah itu klik OK dan lihat hasil sepertinya yang sudah mimin kasih lihat di atas.

Cara Memisahkan Huruf-Angka Acak di Attribut Tabel ArcGIS

VIDEO TUTORIAL

Baca Juga:
1. Daftar kumpulan data shapefile (SHP) berbagai tema.
2. Kumpulan Tutorial GIS dan Remote Sensing

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Cara memisahkan nilai dari suatu field attribute yang memuat kombinasi acak huruf dan angka pada attribute tabel ArcGIS. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.


Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774