BLANTERVIO103

Cara Import DEM pada Mission Hub Litchi

Cara Import DEM pada Mission Hub Litchi
5/22/2021

Cara melakukan Import DEM pada Mission Hub Litchi untuk Pemetaan dengan Drone. Export DEM to Litchi.

Import DEM pada Mission Hub Litchi - How to Import DEM on Mission Hub Litchi

Import DEM pada Mission Hub Litchi - How to Import DEM on Mission Hub Litchi. Banyak aplikasi pihak ke-3 yang bisa digunakan untuk pemetaan dengan menggunakan Drone salah satu yang menurut mimin yang paling fleksibel adalah Litchi. Beberapakeunggulan litchi ini dalam melakukan pemetaan yang mimin suka adalah bisa melakukaan pemetaan koridor dan juga konsistensinya dalam mempertahankan Ground Sampling Distance (GSD) karena kita bisa mengatur ketinggian terbang drone berdasarkan kontur (topografi).

Sebelum kita lanjut ke pembahasan utama, sedikit mimin jelaskan terkait GSD (resolusi spasial) atau merupakan besaran jarak antar titik tengah pixel yang berdekatan, diukur pada permukaan tanah.

GSD merupakan rasio antara nilai ukuran foto udara atau citra satelit dengan nilai ukuran sebenarnya. Nilai GSD 3 cm/piksel menyatakan bahwa satu piksel pada foto udara sama dengan 3 cm pada ukuran sebenarnya. Sehingga semakin besar nilai GSD pada foto udara, maka resolusi spasial yang dihasilkan akan semakin rendah, dan tingkat detail dari objek-objek pada foto udara akan semakin berkurang. Apabila pengguna ingin mendapatkan hasil foto udara yang jelas dan detail, maka nilai GSD yang digunakan harus kecil.

Itulah sedikit penjelasan kita terkait GSD, karena pembahasan kita tentang Cara Import DEM pada Mission Hub Litchi sangat erat kaitannya dengan GSD. Seperti yang mimin jelaskan diatas GSD erat hubungan dengan tinggi terbang drone dengan permukaan tanah. Apabila tinggi terbang drone konstan (sama) sementara kondisi ground (permukaan) tidak sama/berubah maka hasil GSD yang akan kita dapatkan akan berubah juga. Yang diharapkan adalah ketinggian terbang drone bisa mengikuti perubahan bentuk permukaan (elebasi naik/turun), sehingga didapatkan GSD yang sama.

Untuk mengatasi agar GSD yang dihasilkan pada setiap permukaannya sama, maka kita bisa gunakan fitur Import DEM pada Litchi. Secara default juga di sediakan elevasi online dari google namun disini kita menggunakan data DEM Nasional (DEMNAS) untuk akurasi elevasi yang lebih baik.


Import DEM pada Litchi hanya bisa dilakukan pada format WGS-84 Esri ASCII Grid, sehingga kita perlu melakukan konversi dari data DEM ke format tersebut, yang nantinya dapat di upload ke litchi. Berikut tahapan cara melakukan Import DEM pada Mission Hub Litchi:

  1. Siapkan data DEM / DEMNAS
  2. Silahkan lakukan proses clip/masking agar data DEM hasil konversi ukuran datanya tidak terlalu besar, sehingga waktu import tidak lama nantinya.
  3. Konversi DEM ke WGS-84 Esri ASCII Grid. Disini mimin menggunakan software QGIS dalam melakukan convertnya.
  4. Setelah DEM format WGS-84 Esri ASCII Grid berhasil dibuat maka, silakan menuju alamat pembuatan misi terbang pada litchi untuk melakukan proses import (https://flylitchi.com/hub)
  5. Pilih tombol Missions > Import DEM > Choose File dan cari file DEM WGS-84 Esri ASCII yang sudah kita konversi tadi > Import.
  6. Untuk mengecek hasil importnya, silahkan buat 2 buah waypoint lalu pada waypoint settingnya lakukan centang "Above ground". Maka ketinggian terbang drone akan konstan mengikuti kontur permukaan.
  7. Untuk cara lebih jelas dan lengkapnya bisa ikuti pada video tutorial dibawah ini.

Itulah sedikit sharing Lapak GIS terkait cara Import DEM atau data ketinggian pada Litchi. Meskipun terlihat sederhana namun hal ini sangat penting untuk diperhatikan.

Import DEM pada Mission Hub Litchi - How to Import DEM on Mission Hub Litchi



VIDEO TUTORIAL

Baca Juga:
1. Daftar kumpulan data shapefile (SHP) berbagai tema.
2. Kumpulan Tutorial GIS dan Remote Sensing

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Cara melakukan Import DEM pada Mission Hub Litchi untuk Pemetaan. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.


Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774