BLANTERVIO103

Shapefile Peta Bahaya Tanah Longsor Skala Tinjau

Shapefile Peta Bahaya Tanah Longsor Skala Tinjau
5/26/2021

Data Shapefile (SHP) Peta Bahaya Tanah Longsor Skala Tinjau - Provinsi Indonesia

Shapefile Peta Bahaya Tanah Longsor

Tanah longsor merupakan salah satu jenis gerakan massa tanah atau batuan, ataupun percampuran keduanya, menuruni atau keluar lereng yang pergerakannya cepat akibat dari terganggunya kestabilan tanah atau batuan penyusun lereng tersebut. Pengertian tanah longsor yang sudah mimin jelaskan tersebut untuk pembahasan kita terkait artikel kali ini yaitu Data Shapefile (SHP) Bahaya Tanah Longsor Skala Tinjau.

Perlu untuk diketahui Shapefile Tanah Longsor yang akan mimin bahas pada artikel ini adalah untuk skala semi tinjau (Skala 1:250.000). Banyak metode yang bisa digunakan dalam melakukan analisis Peta Bahaya Tanah Longsor seperti berikut.

  1. Pembuatan Peta Bahaya Tanah Longsor Berdasarkan Peta Zona Kerentanan Gerakan Tanah;
  2. Pembuatan Peta Bahaya Tanah Longsor dengan metode deterministik atau metode skoring.

Untuk pembuatan peta bahaya tanah longsor berdasarkan pengklasifikasian zona kerentanan gerakan tanah yang dibuat dengan kemiringan lereng di atas 15%. Berdasarkan dari informasi dari berbagai sumber dan jurnal yang banyak atau sering dipakai adalah dengan metode skoring yaitu klasifikasi data berdasarkan skor serta diberi bobot kemudian skor dikelompokkan dan dianalisis. Masing-masing metode akan memiliki kelompok basis data yang berbeda namun secara umum data-data yang diperlukan adalah sebagai berikut.

  1. Data curah tahunan;
  2. Data peta jenis tanah;
  3. Data peta geologi;
  4. Data peta kemiringan lereng;
  5. Data peta penutup lahan.

Paramater yang digunakan tersebut merupakan justifikasi terhadap ketersediaan data secara spasial (non-survei). Jika ada data yang dibutuhkan diluar daftar diatas maka bisa disesuaikan dengan tujuan dan metode yang digunakan. 


Shapefile Peta Bahaya Tanah Longsor Skala Tinjau 1:250.000 ini bersumber dari Direktorat Pengurangan Risiko Bencana - Badan Nasional Penanggulangan Bencana dengan tahun data 2016. Klasifikasi Tingkat Kerawanan adalah rendah - sedang - tinggi. Untuk skala yang lebih detail tentunya membutuhkan basis data yang detail juga dan itu semua tergantung dari ketersediaan datanya, yang pasti untuk skala semi tinjau saat ini ketersediaan datanya sudah pasti ada namun tidak untuk yang skala lebih besar/detail.

Preview Data SHP Rawan Bahaya Tanah Longsor

Shapefile Peta Bahaya Tanah Longsor

Shapefile Peta Bahaya Tanah Longsor


Sama seperti sebelumnya yang sudah admin jelaskan, Lapak GIS hanya akan mengkategorikan data itu premium berdasarkan sumber. Jika berminat untuk mendapatkan data format SHP Shapefile diatas untuk keperluan analisis lanjut, project, riset dan keperluan lainnya, silahkan hubungi admin melalui Contact Form/Whatsapp. Jika tidak ada halangan dan kesibukan lainnya, admin akan langsung merespon pesan yang teman-teman kirimkan.

Baca Juga:
1. Daftar kumpulan data shapefile (SHP) berbagai tema.
2. Peta Cetak Digital Indonesia Berbagai Tema.

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang SHP Peta Rawan Bahaya Tanah Longsor Skala Tinjau. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.


Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774